Perbedaan Kuskus dan Kukang


Kuskus
tergolong marsupilia, yaitu mamalia berkantung. Seperti kerabat dekatnya, Kanguru, kuskus melahirkan anak yang kecil dan belum sepenuhnya berkembang. Karena itu sejak kelahirannya, anak ini berada di kantung yang berlapis rambut halus di bagian perut induknya. Setelah agak besar, anak Kuskus kadang terlihat naik dipunggung induknya dengan ekor saling berjalinan. Sulawesi merupakan batas barat jangkauan persebaran Kuskus.
Kuskus atau lebih dikenal oleh masyarakat sulawesi dengan sebutan memu dicirikan oleh muka yang bundar dan telinga yang kecil, serta bulu yang lebat. Kuskus mempunyai ekor panjang yang kuat dan liat dan berfungsi sebagai alat untuk berpegangan saat berpindah dari dahan ke dahan. Bahkan ekor ini merupakan senjata pertahanan kuskus bila dirinya akan ditangkap oleh pemburu, dimana kuskus akan mengaitkan ekornya dengan kuat pada batang atau cabang bila pohon yang dipanjatnya ditebang oleh pemburu.
Salah satu jenisnya adalah Kuskus beruang, memiliki panjang tubuh lebih dari satu meter, termasuk mamalia terbesar yang hidup ditajuk atas hutan Sulawesi, aktifitas siang hari, walaupun kuskus beruang juga beraktifitas pada malam hari. Kuskus kerdil sebagai pemakan buah (frugivora) dan biologinya masih sedikit diketahui (Whitten, et al., 1987; Kinnaird, 1997). Kedua jenis kus-kus ini menurut IUCN (2002), termasuk dalam katagori ‘data deficient’ – DD , yang berarti tidak cukup data untuk menghitung resiko kepunahan berdasarkan data distribusi dan status populasinya.

kuskus

sedangkan Kukang

Kukang (Nycticebus coucang) adalah jenis primata yang lucu dan menggemaskan sehingga tidak heran banyak masyarakat yang menjadikan primate ini menjadi hewan peliharaan.Keluarga kukang atau sering disebut-sebut malu-malu, terdiri dari 8 marga (genus) dan terbagi lagi ke dalam 14 jenis. Penyebarannya cukup luas, mulai dari Afrika sebelah selatan Gurun Sahara, India, Srilanka, Asia Selatan, Asia Timur dan Asia Tenggara. Dari 8 Marga yang ada, di Indonesia hanya ditemui 1 marga, yaitu Nycticebus. Marga Nycticebus terdiri atas 4 (empat) jenis, Yaitu :

1. Nycticebus coucang yang tersebar Semenanjung Malaya, Sumatera dan Kalimantan serta kepulauan sekitarnya.

2. Nycticebus pygmaeus tersebar di laos dan kamboja

3. Nycticebus bengalensis, tersebar di India hingga Thailand.

4. Nycticebus javanicus, hanya tersebar di Jawa.

Kukang merupakan primata yang hidup di hutan tropis Indonesia, menyukai hutan primer dan sekunder, semak belukar dan rumpun-rumpun bambu dan beraktifitas dimalam hari. Kukang tersebar di Asia Tenggara. Di Indonesia kukang ditemukan di Sumatera, Kalimantan dan Jawa. Akan tetapi sampai saat ini belum ada data yang signifikan tentang jumlah populasi kukang di alam, akan tetapi dilihat dari berkurangnya habitat kukang serta maraknya perburuan dan perdagangan illegal bisa di jadikan indikator bahwa keberadaan kukang di alam mengalami penurunan.

kukang

Jadi apa bedanya???

1.Kus-kus berkantung, Kukang tidak berkantung

2.Ekor pada kus-kus, Kukang ekornya ntah kemana(gada), hehehehehehe

3.Kus-kus kebanyakan berktifitas di siang hari, kukang full malam hari

4.Warnanya juga berbeda, loreng2 pada kukang jelas sekali, kus-kus ga dech(dengan melihat gambar akan lebih mudah)

5.Bentuk muka juga beda, kus-kus bulet mukanya, kukang ga bulet-bulet amat.

6.apa lagi yah??? ada yang punya pendapat???

136 Responses

  1. lucu-lucu yah…
    sayang dah mau habis dijual….

  2. lucu … yah hewan yg satu ini cool & cute….
    lestarikan — lestarikan…lestarikan…. lestari kan tetangga gw….

  3. q kra,,hewan eank q plihara it kus-kus eh trnyata q zlah,,,hHa

    trnyata kukang,,,,warnanya item,,,luchu…

  4. Dulu aq piara kuskus belinya di depan pintu masuk kebun raya bogor…lucu bangt eh… ada yang ngambil alias nyolong gitu…tetangga ku, bilangnya mah dia beli..tapi pas aq liat n aq pegang karena punya aq dia jinak ma aq. namanya juga tetangga oh.. tetangga karena dia g bisa ngurusnya truss mati deh aq sedih banget.

    • makanya mending jangan pelihara, kan kasihan tu,, coba kalu kalian yang di kurung ga ditempat aslinya, pasti ga enak,,, Palagi sampe mati,, adduuuuuuuuhhhhhhhhhhh..
      Kuskus ma kukang kan dilindungi, ayo selamatkan,, jangan pelihara lagi….
      Pak polisi tangkap tu para pedagang satwa dilindungi

    • GIMANA SIH KUKANG KAN HARUS DIPELIHARA BUKAN DIMATIIN

  5. kirimin video hewan animal kuskus

    • Mohon maaf Untuk video kus-kus kami belum punya koleksinya mas wawan. Kalo kukang ada, itupun harus ijin dulu, untuk keperluan apa, dll

  6. Sebaiknya kuskus jangan lah dipelihara,, kasian dia hewan langka. saya sering liat kuskus di jual bebas d pasar gelap jakarta. Tp biar pun pasar gelap, tp jualannya itu d pinggir jalan dan sangat blak-blakan. Sy jg sempat nego dngn pdgangnya, hanya dengan 50rb hewan itu bs di bawa pulang..

  7. kus2 mkanan seranga pling duyan bllang ma jangkrik. pisang uga mau..aq plihara 1 srimg kabur tapi balik lag kkndang lucu dch…

  8. eh q…
    mo nnya
    tu hewan{kus2]heheh
    gigit gk sie gw pkir mningan miara cats or dog

  9. ada lagi,kuskus mirip kuskus…kukang mirip yg nulis ..hehehe…becanda bro…piisssssss

  10. kang..saia baru beli kungkang..
    mau tanya..

    1. perawatanya gimana?
    2. pake di mandiin ga?
    3. suspect pembawa penyakit ga?kalo ada pa aja?
    4. makannya apa?
    5. makasih..

    =D

    • perawatanx sehari skali paling ga lu mandiin biar ga asem..
      penyakit tergantung lu dah vaksin pa belum
      makananx buah,lu kasi madu jg lebih dooyan en jinak,lebih2 susu dech

    • hy yg bgi pelihara binatan yg d lindungi tlonk km kembalikan ke hutan krena klo tdk d kemblikan ia akan tersiksa……..dan tdk akan bebas seprti sedia kala…jdi yg bagi merasa pelihara tlonk d lindungi,,,,,,,dan d lepas d tempat’x……..?

  11. Yah..aq bru tw klo kukang hwan dlindungi,aq td beli d pinggir jln..tp kn smua hwan perlu qt dilindungi.. Bkn bgt??

  12. aku baru beli kukang ni….
    and pertanyaan ku sama kaya yose_reza….
    tolong di jawab ya.

    • Untuk yose, anggia, dan kawan2 yang memilih kukang sebagai hewan peliharaan…
      Jujur saja saya kurang tau masalah perawatannya kalau makanannya lihat artikel kukang yang saya punya juga di blog ini (klik disini)

      Saran saja bagi pembaca yang lain… Penulis sangat berharap para pembaca tidak memilih kukang sebagai peliharaan karena kukang merupakan salah satu hewan yang dilindungi karena jumlahnya yang semakin sedikit dialam. Karena status nya juga yang dilindungi, perdagangan kukang merupakan hal yang ilegal, dan anda bisa ditangkap jika ketahuan memperjualbelikannya atau memeliharanya. di artikel2 saya tentang kukang saya sudah mencantumkan undang2nya..
      Jadi saya berharap kita bisa bersama-sama melestarikannya, minimal dengan tidak memilih untuk menjadikan kukang sebagai peliharaan, dan biarkan mereka hidup bebas di alamnya.

      • saya benar2 bingung, saudara saya menemukan kukang tadi malam. setelah searching mengenai kukang ternyata. hewan dilindungi…. tapi setelah ditelusuri lebih dalam…. ternyata banyak dijual di pasar gelap (walaupun jualnya terang2an).
        tambah bingung ketika ingin dikembalikan ke alam bebas… tapi dijakarta mana ada alam bebas…. walaupun dilepas itu hewan bakalan ada yg ngambil lagi……. sekarang akhirnya kukang itu ditaruh di alam buatan bersama burung2… lumayan tempatnya cukup besar juga….. mungkin ini hal yg terbaik mnurut saya….
        dan yg sya mau tanya…. bagaimana mendapatkan surat ijinnya…???
        terima kasih untuk jawabannya….

  13. berarti kukang ga minum dari air dung…
    soal nya aku kasih dia air,mlh ga di minum….
    tpi di tumpahin…….
    ntr klo mati karena kehausan gmn….
    hiks..hiks…
    aku mw tanya…..
    klo aku pke kndang kucing anggora..
    cukup ga buat bdan nya alex(kukangku)

    • kukang kanhidupnyadi diatas pohonbukan didarat, kalau maupake kandang yang besar jadibisa dikasihpohon didalamnya… Kalu kemungkinan mati sangat besar karena hewan ini memang bukan untuk dipelihara.

    • cba dech lu kasi susu en teh,pasti dya maw bnget…..
      jgn lupa di bawa ke dokter jg yach

  14. yah………………………………………
    klo aku mw blikin dia kehutan bisa atau tidak……
    atau di salurkan ke pelindungan hewan satwa……..

    • Anggia alamat dimana, ntar aku suruh temen2 perlindungan satwa untuk membantu kalu anggia mau berniat baik menyelamatkannya,
      Contoh yang baik buat masyarakat indonesia yang masih suka memelihara hewan langka…

      Salut!!

      • permisi mas saya mau tanya.
        saya punya satu ekor kukang yang berusia masih muda.
        saya memeliharanya sejak masih bayi.
        sekarang umur kukang tersebut kurang lebih masih berumur 7 bulan.
        jenis kelamin kukang tersebut laki2.
        kapan yah kukang tersebut merasa ingin kawin???
        saya kasihan sama dya.
        kepikiran ce ingin membeli satu ekor kukang perempuan lagi.
        tapi setelah saya pikir2 kukang kan dilindungi.
        saya bingung.
        saya ingin memberikannya ke tempat perlindungan hewan tapi saya sudah terlanjur terbiasa dengan dya.
        saya udah terlanjur bersahabat dengan dia.
        gmana yah mas???
        ada solusi gak???

        • Sebenarnya bisa saja dikasih ke pusat rehabilitasi tapi kamu jadi bapak asuhnya, kamu bisa mengawasinya setiap waktu. tapi kalu harus di rumah saya belum begitu tau perilaku masa breeding(kawin) untuk kukang. Saya carikan informasinya dulu.

          Pesan saja, bikin kan kandang yang luas dengan pohon2 didalamnya karena perilakunya hidup diatas pohon, dia makan atau beraktifitas pada malam hari jadi jangan dipaksa aktifitas disiang hari.

          • sedikit cerita mas.
            kukang tersebut saya tempatkan di kandang yang cukup sederhana mas.
            dan kandangnya pun saya letakkan di dalam kamar tidur saya.
            walaupun tidak ada pepohonan di dalam kandang tersebut namun di dalam kandang tersebut terdapat pipa untuk dia bergelantungan, bulatan plastik untuk dia bermain dan saya buatkan dia sebuah ayunan dari kain, untuk dia tidur. dan botol minum, seperti botol minum untuk hamster.
            sepertinya kukang tersebut nyaman dengan kandangnya.

            anehnya kukang tersebut tidur dengan cara celentang atau seperti biasa kita tidur, dan cara dia minum pun sama dengan cara hamster minum mas.
            langsung dari botol minumnya.
            saya baca dari artikel bahwa kukang minum tidak dapat langsung minum dari sumbernya, namun dengan cara diambil dari tangannya dan tangan tersebut di jilatinnya.
            kukang tersebut juga aktif di siang hari..
            bukan hanya aktif dimalam hari saja.
            kedua2nya seimbang.
            padahal saya tidak pernah mengexplor kukang tersebut untuk aktif di siang hari.
            karna saya tahu kukang itu adalah hewan yang aktif di malam hari.

            pokonya binatang yang satu ini sudah seperti kluarga sendiri bagi kluarga saya.
            dia sangat bersahabat sekali.
            bahkan sampai di pakaikan baju dan celana oleh pacar saya.
            hehehe…
            walau kadang mama saya marah2, katanya kasihan, takut kukang tersebut merasa risih.
            ketika saya pergi keluar kota, dia selalu ikut dengan saya ataupun keluarga saya.
            bahkan sampai tidur siang pun kadang kita sama2..
            dia tidur di tangan saya mas..
            hhe..

            oh ia mau tnya donk mas..
            kenapa iaa, kukang yang saya pelihara itu sering sekali menggaruk2kan gigi depannya ke kulit tangan saya, ketika saya mengelus2 dan menggaruk2 di dahi dan ketiak kukang tersebut??
            apakah iaa juga sama ingin bermain2/bercanda dengan saya??
            atau ada hal lain??
            dan satu lagi.
            apakah kukang membawa penyakit mas???
            saya pernah dengar katanya kukang itu membawa penyakit..
            klo memng bnar berarti saya dan keluarga saya harus berhati2 niihh…
            hemm..
            malah jadi curhat gini neyh,,
            thanxs mepow…

  15. Halo Mas, saya punya Kukang di rumah, baru beberapa hari ini, ditangkep sama pembantu di rumah karena nyasar nangkring di batang pisang sebelah rumah. Saya mau bebaskan atau disalurkan ke perlindungan hewan saja, gimana caranya?

  16. Dear pemilik Blog,

    adik saya baru saja nemu kukang di atas pohon di tidak jauh dari rumah
    Kemungkinan besar bekas piaraan orang yang lepas.

    Saya paham bahwa binatang ini adalah endangered and dilindungi. Saya merasa dilema:
    -dilepaskan, takut gak survive atau malah ditembak atau kembali diambil orang.
    – diserahkan ke kebun binatang, saya TIDAK TERLALU SETUJU dg kebun binatang. Bagi saya kebun binatang ikut berkontribusi dalam menciptakan hilangnya per-kebinatangan. Safari lebih mungkin.
    Apa yg harus saya lakukan?
    Oh iya, saya tinggal di kawasan dekat Kaliurang (merapi volcano).thanks

    • lokasi tepatnya dimana Anna?? sapa tau kita bisa bantu seperti punyanya mas adrian yang bisa kita serahkan ke International animal rescue agar bisa dirawat ditempat yang tepat untuk nantinya dilepas-liarkan kembali ke habitat aslinya. Beritanya ada silahkan baca disini (klik)

      • Thanks for teh speedy reply. Sy sdh baca soal Adrian. Senang bahwa ada jg jg teman2 yg konsern soal kelestarian kukang.

        Alamat saya di Ngaglik, Jl. Kaliurang km13, Sleman, yogyakarta.

        you can contact me at: marsiana.anna@yahoo.com

        Thanks lots,
        Anna

        • alam kenal…..
          saya mempunya kukang dengan warna merah…..
          bagi yang berminat boleh hubungi saya no hp:0812674894048

  17. mas uup,,gimana bisa gak hari selasa??
    trus,,aku yg tlpn iar nya (kalo ia nmrnya brp?)
    atw iar yg ltpn aku?

  18. Mau tnya kukang warnya nya kan coklat y. Klo udh gede bsa brubah putih gk

  19. Mas Mepow,
    Sy mo tanya, ijin pemeliharaan kuskus gimana caranya? bisa minta penjelasan ga ? thanks ya.

  20. W bru aja beli kukang…kata pedangnya itu kuskus…tp stlh w searching di google,w bru tau yg w beli itu kukang…
    ‘n w jg br tau kl kukang dilindungin…
    So,w pgn bgt kasiin kukang w utk dibudidayakan..tp ke pihak yg berwenang spt I.A.R…

  21. kuskus gilo

  22. abang.. saya punya kukang nhe cw.. da yg punya laki ga?? kita kawinin yukk …

  23. gw punya kukang cwo…..

  24. mas…aq baru bli kukang beberapa hari yang lalu…kbtulan blom aq bikinin kandang…truz knpa ya dia selalu diem di pojok tembok,,truz aq ksih makan susah bgt..aq jd kasian ngeliatnya,,aq pengen balikin kukang nya,,tapi aq ga tau harus kmna???
    mohon bantuannya,,,aq ga tega liat dia truz diem ja…

    • kalo ane boleh jawab..
      kamu bikin semak” aja dari rumput gajah ..
      nnti kamu bikin jadi kaya bola.. nnti dia anteng di dalem stu .. ^^

  25. gini gan ..
    ane kan nernak kukang, trus ada kukang betina yg ga bisa melahirkan, pdhal udah ane kawinin sma pejantan laen .. mhon dijawab gan ..

  26. ada yang jualan kuskus ?

  27. Maaf semuanya … aq baru baca artikel ini setelah tadi pagi saya menemukan hewan yg mirip sama kukang ternyata kuskus… yg saya mau tanyakan apakah: ghe mana cara perawatannya /??? n saya harus kembalikan dy dimana?? takutnya kalaw dihutan lagikan berabe… bisa ditangkep orang lagi… klw di kebun binatang kasian uga. aq udah capek2 nangkep.. aq tangkep karna aq kasian. dy hidup sebatangkara… aq gak ngeliat temen2nya….

  28. w br beli kukang tp w pelihara layaknya kaya anak w ngg dikandangin malah w bebasin dikamar n w ajarin dia untuk mengetahui tempat makan dia n minum juga tempat dia tidur emang doi suka mojok tp klu dah jam 10 mlm mulai doi jln2 n w gendong seperti anak w pokoknya doi ngg w anggap binatang deh lucu abis soalnya :-)

  29. abang please kepada balai konservasi hewan langka tolong proses pedagang gk tau malu di BIP,Bandung di sana banyak tuh kukang
    .
    .tolong lebih jeli lagi ada d karung2 tuh kukangnya geledah aja..
    ..trimksih…

  30. kasiann tuhh nnti klo habis anak cucu kita gk bisa liat tuh yg kaya gmana tuh kukang???

  31. kalo kita breeding gmn?

  32. kalo kita balikn k alam ,,ntar ttep ja donk d tngkap lgi..
    dan skrng alam tmpat kuskus / kukang itu kn udh jarang ,,kmngknan mereka punah kn bsa lbih cpet.
    knapa kita ngga bikn aja pnangkaran khusus bwt kuskus / kukang ..
    atw ngga kita ngbiyarn orang” yng bsa breeding kuskus atw kukang ,, dngan gtu kn kita bs ttep ngelestariin kuskus atw kukang..
    pemerintah aja ngga pduli tu pohon” tmpt tnggal mreka d tebang ,, yng bukn d pmerintahan msi bnyak yng pduli bwt breeding kuskus / kukang .. knapa hrus kita tolak??

  33. kayanya kuskus makan buah”han, kaya pisang

  34. ato ngga kalo mau beli kuskus, di sumbangin ke kebun binatang

  35. kalau mau miara kuskus harus punya fasilitas buat kuskusnya, biar kuskusnya betah.. kuskus kan suka nangkring di pohon yg rindang, tempat yng adem

  36. aku baru tau kalo kukang/kuskus itu hewan langka mas Mepow. aku udah pelihara 4bln.
    Bagaimana cara kembalikan dia ke IAR? tadi pagi aku telepon IAR tapi sedang dalam perbaikan. Mohon bantuannya.
    Lokasi aku di Bogor.

  37. mas saya mw nanya,,,, klw makanan kungkang apa ya,,,,,,,,,,,,,,

  38. boz klo di mandikan apa boleh atau tidak ..

  39. ane baru beli kukang, baru seminggu. Padahal ane maunya beli kuskus. Ane ketipu gan, tapi kukang lucu juga. Dan masih kecil. Hehe
    Persis kaya foto kukang yg diatas. Hehe
    Mau share aja nih, kukang paling suka minum teh manis. Trus kandangnya kalo bisa sering dibersihin. Dia gak suka kotor. Jgn dikasih susu, nanti bisa mencret.

  40. Ayo sma2 kta lstrikan,,,
    Klo mkanan utama’y Kukang apa ya???

  41. Gan saya baru nemu kukang tapi kukangnya kalo di pegang gigit ,gimana cara biar jinak atau luluh sama kita ya !
    terus gigitan kukang itu bahaya gak sih ?

  42. Ada yang mau bayarin kuskus gak? aku mau jual nih Rp 200000
    kalo ada yang berminat hubungi : 02197583047

  43. couscous should drink what should kaga couscous because I often thumb index please love me donk know what couscous should drink should not drink sorry, if I pake english

  44. Kukangku bru nemu,kejerat dipagar bunda,niat mau lepasin g tau na ngegigit,huhuhu…
    Mau dilepasin kealam bebas takut knpa2…

  45. beli jangan ya! berapa ya harganya!!!

  46. saya pernah punya kukang 1 co n 2 ce eh ternyata ngelahirkan di kandang kucing, untk masalah makan n kesehatan uda pasti terjamin,minim 2 bulan sekali ke dokter hewan…..,btw kemaren uda pada bingung mau di lepas apa beli kandang lagi karna klo di lepas ga ada jaminan dia bisa bertahan hidup,mungkin malah diambil orang yg ga sayang malah berabe, klo dikandangin lagi wah rumahku dah penuh…….ada yang punya solusi ga guys?

  47. apakah baner kukang mmbawa pnyakit..?

  48. Asslmulkm..saya menemukan kuskus di depn kosan saya,pd bulan purnama.sktr jam 23.OO WIB. arahnya dari tiang listrik.trus jth kebawah. pd hri kemudian saya bw kuskus ke dokter hewan.katny pa dokterr”? pelihara saja coz binatang ini langka. tak tau dri mana kuskus ini asalnya. saya pelihara kuskus di kosan saya,pke rumah2an spy nyaman.makanya 2 buah pisang ludes di makan.hehe…mungkinkah ada kaitanya dengan apes,sial diafragma mitos org2 sering menybtnya bgtu?apkh juga kukus membawa penyakit bagi yang memeliharanya? alangkah baik nya saya hrus pelhra atau lepsin kukus ke hutan,spy kuskus bisa berinteraksi sm binatang lainnya.apa hryus gimn?

  49. Sekedar informasi tambahan, kus kus atau kukang tahan terhadap racun dan bisa makan racun, tapi bahayanya dia juga bisa mengeluarkan racun yang kalau terkena manusia langsung mematikan. Maka dari itu hati hati jika memelihara kuskus atau kukang.

  50. jual kuskus 200ribu niy stok bnyak

  51. Q puxa 1 loh…bilang x kuskus…tp stlah Q bca ni Q jd tw trxata yg Q plihara ni kukang,
    mkcih ya

  52. kl bs para penegak hukum tangkap atau berantas para penjual hewan2 yg di lindungi

  53. kukang emang air ludahnya ber bahaya…..kasih tau donk….bahayanya kenapa dan berefek apa

    • efeknya menurut artikel yg pernah saya baca, adalah kematian bagi satwa yg di gigit, namun jika untuk manusia, mungkin hanya bengkak

  54. Sy punya kukang, blom lama beli.. Dan pas beli gatau kalo itu hewan dilindungi, abang penjualnya juga bilang kalo itu kuskus trnyata kukang. Dya tdur bareng sm saya dan saya juga uda sayang bgt sm dya, tp di dadanya ada jendolan (kayak bisul) itu kenapa ya?? Saya mw lepas tp sy ga yakin dya bakal tenang.
    Dan dya suka minum susu, dan makan pisang kerok.. Minumnya juga langsung, sy suapin pakai sendok, trus sy br tahu kalo kukang itu hewan malam.. Tp kok dya juga suka tdur di malam hari ya?

  55. saya nyaris mw beli kukang tapi gak jadi coz kata bonyok itu jangan d beli alnya bawa sial..bener gak sih ? pengen bgt beli alnya lucuuuuuuuu…tolongin dong kasih penjelasan…

  56. 3 hri yg llu sy k petshop pnggir jln. dan sy liat kukang msih kcil dn akhr’e sy bli krna ksian. sy brniat tuk mlpaskan sii baby kukang ini. tp sy bngung, klau sy lpas skrg” tkut sii baby kukang’e mti krna msih kcil. tp sy pngen die bebs d alam.
    Tlong ksi sran tuk sy.

    Mksih n maf sblm’e..

  57. saya dikasih kukang ama tmn saya.tp udh 3 hr dia ga mau mkn.dksh pisang,dy ga mau.truz dia mknnya apa?bdnnya lemes bgt.saya ga mau dia mati.tolong bantu saya.mksh

  58. saya pny kukang di rumah, baru tahu kalau ternyata tidak boleh dipelihara karena satwa yng dilindungi. Dan saya juga tidak bisa memberi dia habitat spt seharusnya. Apa yg hrs saya lakukan? Kalau memang hrs diserahkan ke suatu instansi saya bersedia, bagaimana caranya? Saya tinggal di Kelapa Gading Jakarta. Terima kasih.

    • hay friends; w radit..mending kita lepasin ke habitat aslinya ja,coalnya klo di ksih pnampungan tkut mati’mnding kta lpasin ja biar dia hidup dan generasinya juga tidk pnah,,bnatang jga mahkluk hdup dia ingin mrsakan kehidupan yg tenang ‘sama seperti manusia”’ mari kita lepasin aja’

    • Hanny, jika masih berkeinginan untuk mengembalikan, bisa minta nomor kontak dan lokasi detailnya?? silahkan kirim email ke saya (Lihat di halaman contak)
      Terimakasih sudah ikut melestarikan satwa dilindungi dan terancam punah ini.

      Salam lestari

  59. dimana sich para petugasnya tindak tegas dong yg mnjual binatang langka sperti kuskus dan kukang ”’ jualanya di pinggir jalan udah gtu terang2trangan””kasihan ‘coba kita bayangkan kalo smpe punah ‘mari kita sama2 melestarikan nya”’

  60. petugasnya dpt fee dr penjualnya..
    indonesia oh indonesia :(

  61. Mata kuskus bulat kecil,, sedangkan mata kukang bulat gede..

    ≈Ħє:D¨Ħєє=D…Ħє≈¨.. Aq pelihara kukang..

  62. yg katanya beracun itu kukang kan ???

  63. Keren! Makasih infonya! Saya animal lover,, tapi pengen banget kukang,, kalau dilaepas di hutan suka ditangkepin, bunuhin, atau dia kehilangan habitatnya,, hutan di sumatra banyak yang dibakar,, kasihan dia,,,

  64. Aq punya, ga ada ekornya,, brartii kukang yahhh
    Beli d teras kota,,
    Cw Umur 3bln
    400rb
    :)

  65. semalam kaka aku menemukan kukang sedang berjalan di atas pagar. kemudian ditangkapnya binatang bermata bulat itu. setelah tertangkap, aku merasa kasihan karena tangan kanannya buntung. malam itu langsung aku berikan nama si Kutung (kukang buntung). luka dari tangan tersebut sudah kering. tampaknya luka buntung sudah cukup lama di derita. ketika pagi hari, kebetulan di rumah ada kandang ex kucing anggora. aku masukkan ke dalam kandang. ketika aku ingin mencari kawat untuk mengunci kandangnya, ternyata ia telah kabur ke atas genteng. aku langsung mengambil tangga. untung saja si kutung sedang bersembunyi di balik tembok. dan aku kembalikan ke dalam kandang, gerak-geriknya sangat agresif di dalam kandang.meski tangannya sudah buntung, si kutung pandai sekali meloloskan diri. bahkan jeruji kandang kucingku dijebolnya. Hhmmm… mungkin itulah yang membuat tangan kanannya buntung sewaktu melarikan diri. perjuangan si kutung, mengorbankan sebelah tangannya. ooh iyya dia aku berikan pepaya juga menyukainya. binatang yang satu ini adalah binatang herbivora. semoga kutung tidak kabur lagi.. kasihan dia kalo kabur. cox rumahku merupakan pemukiman padat yang jarang sekali pepohonan rindang. bagaimana nantinya dia mencari makan, pohon saja jarang ditemui apalagi buah-buahan.. pertanyaan aku boleh ga sih kalo kukang itu dimandikan? kalau boleh, bisa tak diberikan shampo agar wangi. thx

  66. Tmn2 Чª♌б ♍ªΰ beli kukang, kbetulan aq pny 1 ekor umur msh 1 bln stengah ♍ªΰ dijual, male, makan rakus, 250rb aja jual karna aq BU

  67. Tmn2 yang ♍ªΰ beli kukang,aq pny stok male, umur 1 bln stengah, makan rakus,250rb aja

  68. kukang cara mandiinya gimana sih???bisa di mandiin ga??soalnya bau!!

  69. I like kus kus…tapi biaya mkan nya cukup mahal juga…ga boleh telat makan

  70. Mw tanya apakah kukang jg trmasuk hewan yg d lindungi.jka d lndngi. . bgaimana jika seseorng memlhra drmh. Apa kah melnggar undng” dan dpt d hkum..d tgu blz’n nya.oke bro

  71. kalo dilihat sekilas mirip banget ya?
    cuman warnanya aja yang beda mencolok,
    kayaknya jinak ya? bisa dipelihara, tapi ntar kalo gigit apa berbahaya tuh?

  72. kukang suka ada yang jual tuh di pinggir jalan. saya sering lihat.

    Roller Blind

  73. Kukang agar kau bisa hidup bebas di alam Mu…..

    i <3 KUKANG !!!

  74. Aku ada nih kukang.. mau tak lepas. gak bisa ngurusnya :(

  75. Today, I went to the beach with my children.
    I found a sea shell and gave it to my 4 year old daughter
    and said “You can hear the ocean if you put this to your ear.” She put
    the shell to her ear and screamed. There was a hermit crab inside
    and it pinched her ear. She never wants to go back!
    LoL I know this is entirely off topic but I had to tell someone!

  76. Who have selling baby kukang?

  77. Aiih miris liat komen2 diatas ane. Banyak yang justru tanya gimana caranya ngerawat kukang plus kuskus. Itu hewan dilindungi gan, mending diserahkan ke lembaga2 penyelamat hewan biar bisa dilepasliarkan lagi.

  78. aku dapet satu di halaman,,mau dikasih kebun binatang,,diterima gak ya,,

  79. Gue juga punya kukang nih.. Tapi kasihan.. P̶̲̅ƐN̶̲̥̅̊ƍὲ́N̶̲̥̅̊ dikembalikan ќε alAmnya ǎ̜̣̍jª . Ɑϑǟ yang bisa bantu Ъќ ?

  80. enakan miara janda bro…ngegigit tapi bagian tertentu…gak perlu di potong juga giginya…tp sama resikonya di tangkep polisi..karna janda tergolong spesies di lindungi…hahahahahaha

  81. Saya juga punya baru dapat tadi malam , gara2 masuk ke kndang ayam…

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

