Srigunting Bukit; Lesser Racket-tailed Drongo (Dicrurus remifer) “Siapa Yang Tak Terpesona Dengan Ekor Indahnya)


Kingdom: Animalia Phylum: Chordata Class: Aves Order: Passeriformes Family: Dicruridae Genus:  Dicrurus Species: D. remifer Binomial name:  Dicrurus remifer (Temminck, 1823)

dicrurus remifer4Dok. by © Harold Stiver

Lesser Racket-tailed Drongo (English),  Srigunting Bukit (Indonesia), Cecawi Hamba Kera (Melayu).

Deskripsi

Burung ini berukuran sedang (26cm tanpa raket), berwarna hitam mengkilap dengan bulu ekor terluar luar biasa panjang dengan raket di ujungnya yang membuat burung ini tampak sangat indah. Seberkas bulu-bulu pendek membentuk punggungan diatas paruh. Lebih kecil dari Srigunting batu dan tanpa jambul depan, paling mudah dibedakan dari ujung ekornya yang terpotong lurus. Umumnya terpisah dari Srigunting batu oleh ketinggian, keduanyabertumpang tindih pada ketinggian 1000-1500 mdl. Burung yang sedang berganti bulu bisa kehilangan raketnya.  Warna Iris merah, paruh hitam, dan kaki hitam.

dicrurus remiferDok. by Bird forum

Suara

Siulan bervariasi penuh irama, wiit-wiit-wiit-wiit-chewii-chewii” dan kadang-kadang memekik keras. Meniru suara burung jenis lain.

dicrurus remifer3Dok. by  revs&audy’s

Distribusi Global

Burung ini tersebar di india, china Selatan, Asia Tengara, Semenanjung Malaysia, Indonesia (Sumatera dan Jawa).

dicrurus remifer2Dok. by RON PUDIN

IUCN Red List

Dicrurus remifer (Lesser Racket-tailed Drongo)
Status: Least Concern     ver 3.1

About these ads

16 Responses

  1. Memang indah ekornya….
    Sangat cantik…!!

  2. Wah indah jg ya warna,suara & buntut burung sriguntingnya skrg lg rame tuh dperjual belikan sma PB (Pedagang Burung) he..he.. Kasihan jg tuh nasibnya nt lama2 keberadaan si burung hilang/punah.”adakah yg mencoba Menangkarkannya?”

  3. aku bru bli tapi kurang rajin bunyi, gimana caranya biar rajin bunyi biar gacor

  4. wau bagus tuh burung dulu di kampung saya ada burung itu dan tinggal di hutan , produksi .namun hutan tersebut di babat habis dan di ganti tanaman baru burung tersebut , pergi, seperti elang ,Bido ,Kepodang, Betet, Cendet Perkutut ,Ayam Hutan ,dan masih banyak burung -burung yang lain namun faktor manusia semua musnah. mereka tidak berfikir bahwa mereka memiliki keturunan dan anak cucu. dan sekarang tinggal kenangan dan anak- anak sekarang kebagian cerita doang tidak bisa melihat langsung , seharusnya jika burung burung di tangkar juga ara yang di lepas di alam tentu di jaga keberadaanya supaya alam kembali seperti semula.

  5. di mana mau download suara burung srigunting ya….? ada yg tau gak…… bantu aku donks……

  6. susah melihra ne burung…

  7. oya beda srigunting kantil ma yg srigunting biasa, bedanya ap???

  8. kira2 berapa harga burung seperti itu?

  9. harga burung srigunting anak.an brapa.?

  10. SAYA PUNYA TUH…DIA BURUNG YANG SANGAT2 PINTAR MENIRU SUARA BURUNG LAINNYA…….I LOVE THIS BIRD

  11. kicaunnya gmn tu

  12. kenapa burung srigunting k_lo di k_si ulat jepang lidah nya rusak.
    by jalu anyar

  13. Tlng do om, apa semua jenis srigunting hrus pake antena, dan kalau yg ekornya sperti ikan trmakst jenis apa? Tks

    • bro ringgo setelah gw liat srigunting ada beberapa jenis,
      sumatera: ekornya ada antena 2 warna bulu hitam pekat kebiru-biruan
      walau masih trotol sudah punya antenabody agak besar
      mukanya sangar/serem suara kencang banyak variasi…
      Jawa/papua: Warna bulu hitam ekor tidak punya antena (mengarpu) body sedang /pajang, didada kadang@ ada bintik putih tapi sumatera kadang ada juga bintik putih, kalau suara gw belum pernah dengar

      itu informasi dari gw sorry jika kurang

  14. gw bingung sama srigunting dulu di palemabang ada antenanya di ekornya dan ada pula bulu bintik2 di sayap, walau masih anakan sudah tumbuh antenanya
    kalau di jakarta srigunting ada yg bulu ekornya ngak ada antenanya penjual bilang karena masih trotol jadi belum tumbuh antenanya….dia bilang dari sumatera (teman gw bilang itu dari madura/ jawa)….setau gw srigunting sumatera mukanya lebih serem hitan pekat kebiruan body besar punya antena 2 di ekor…dan suaranya keras banget gw berapa kali rawat…

  15. Ciri jantan .gimna dri segi tubuh burung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: