Kukang Yang Mulai Terbuang


Nycticebus coucangKukang (Nycticebus coucang) adalah jenis primata yang lucu dan menggemaskan sehingga tidak heran banyak masyarakat umum yang menjadikan primata ini menjadi hewan peliharaan.

Keluarga kukang atau sering disebut-sebut malu-malu, terdiri dari 8 marga (genus) dan terbagi lagi dalam 14 jenis. Penyebarannya cukup luas, mulai dari Afrika sebelah selatan Gurun Sahara, India, Srilanka, Asia Selatan, Asia Timur dan Asia Tenggara. Dari 8 Marga yang ada, di Indonesia hanya ditemui 1 marga, yaitu Nycticebus.

Marga Nycticebus terdiri atas 4 jenis, yaitu:

1. Nycticebus coucang yang tersebar di Semenanjung Malaya, Sumatera dan Kalimantan serta kepulauan sekitarnya.
2. Nycticebus pygmaeus tersebar di Indocina, Laos dan Kamboja.
3. Nycticebus bengalensis, tersebar di India hingga Thailand.
4. Nycticebus javanicus, hanya tersebar di Jawa.

Kukang merupakan primata yang hidup di hutan tropis Indonesia, menyukai hutan primer dan sekunder, semak belukar dan rumpun-rumpun bambu. Kukang tersebar di Asia Tenggara. Di Indonesia kukang ditemukan di Sumatera, Kalimantan dan Jawa. Akan tetapi sampai saat ini belum ada data yang pasti dan akurat tentang jumlah populasi kukang di alam. Akan tetapi jika dilihat dari berkurangnya habitat kukang serta maraknya perburuan dan perdagangan illegal bisa dijadikan indikator bahwa keberadaan kukang di alam mengalami penurunan

Di Indonesia kukang sudah dilindungi sejak tahun 1973 dengan Keputusan Menteri Pertanian tanggal 14 Pebruari 1973 No. 66/ Kpts /Um/2/1973. Perlindungan ini dipertegas lagi dengan Peraturan Pemerintah Nomor 7 tahun 1999 Tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa, yang memasukan kukang dalam lampiran jenis-jenis tumbuhan dan satwa yang dilindungi.

Menurut Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya pasal 21 ayat 2, perdagangan dan pemeliharaan satwa dilindungi termasuk kukang adalah dilarang. Pelanggar dari ketentuan ini dapat dikenakan hukuman penjara 5 tahun dan denda Rp 100 juta.

Dengan adanya peraturan tersebut, maka semua jenis kukang yang ada di Indonesia telah dilindungi. Sementara itu badan konservasi dunia IUCN, memasukan kukang dalam kategori Vulnerable (rentan), yang artinya memiliki peluang untuk punah 10% dalam waktu 100 tahun. Sedangkan CITES (Convention on International Trade in Endangered Species of wild fauna and flora) memasukan kukang ke dalam apendix II.

10 thoughts on “Kukang Yang Mulai Terbuang”

  1. helo..kalau bisa saya mau tau lagi lebih lanjut tentang kukang..seperti dari segi pemakananya,suka apa,adakah hidup bersendiri atau berkumpulan dan sebagainya..

    1. mas or mba, adik sy kmrn bli kukang sehsrga 140rb di jakarta selatan. sy kira itu kuskus eh ternyata itu kukang n sy bru tau kl dia itu d lindungi tp gmn y kt drmh udh terlanjur syng, kandangnya jg kt bli semampu kita saking syngny, kr2 gimna y supaya bs ngerawat dia ? n bs dpt surat2 resminya? tlng bls ny krn kt jg ngak mau slh ngerawat takut dianya sakit…… mksh. dtunggu infonya angga

  2. makasih kembali..sebenarnya saya adalah pencinta haiwan…ehe..saya telah menemukan kukang dtnghmlm brada d depan rmh saya yang telah dikelilingi oleh kucing2 saya..saya menangkapnya kerna kasihan dan rupanya yang sangat lucu. saya bercadang tuk melepaskanya esok hari..kerna kuatir akan dkerjakan oleh monyet2 yang slalu berkeliaran.namun sebelum itu saya telah meletakanya ddlm kotak dan hilang ddalam rumah saya . saya yakin tak ada jln kluar untuknya..saya telah mencari disekitar dalam rumah tapi tidak ketemu.saya kuatir ianya akan mati bersembunyi…hmm..mungkin saya akan mengumpanya keluar dengan menghidangkan buah buahan.boleh kasih idea lain tak?

    mungkin lepas ni saya akan jadi pembaca setia kamu..bukan kerna kukang aja..banyak yang menari d dalam mepow..totalnya..bagus deh;)
    lanjutkan lagi ya pasal haiwan2..

    makasih skali lagi..teruskan kerjayanya..:)

  3. mas pemilik blog,
    saya awalnya tidak tau kalau kukang itu binatang yang dilindungi. tapi setelah baca blog mas, saya jadi tau dan serem sendiri.
    baru-baru ini saya beli kukang di bandung, buat pacar saya. hehe. tapi saya juga baru tau nih kalau kukang itu ternyata dilindungi. soalnya dijual di depan mall gitu, terbuka banget. bahkan ada polisi juga dibiarin aja dia jualan kukang di sana.
    gimana solusinya yah?
    kalau dikasih ke konservasi hewan, sayang😦
    bisa ngga yah, saya dapet izin buat meliharanya?
    kalau iya, caranya gimana?
    makasi ya mas🙂

  4. saya menemukan kukang dkt rmh..saya gk ngerti ngurus hewan..saya mau ke habitat nya.tp gk tau ke mana.tlg bantu saya untuk mengembalikan kukang yg saya temukan ke habitat nya.hub,saya di 081388661099

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s