Malang dan Kekayaan Budayanya


Malang merupakan salah satu daerah yang kita kenal dengan “apel” dan “bakso” nya.. Namun selain makanan, ternyata Malang juga terkenal dengan kekayaan budayanya. Dari dunia seni ada dua kesenian yang sangat terkenal dari Malang tapi mulai luntur oleh kesenian-kesenian modern.

topeng 2

Tari Beskalan Putri.
Tarian ini merupakan tari pembuka suatu kegiatan. Dahulu kala tarian ini digunakan untuk mengumpulkan orang-orang agar hadir dalam suatu acara. Berikutnya adalah tari Beskalan Patih. Berbeda dengan Beskalan Putri yang kesemua penarinya adalah wanita, Beskalan Patih dibawakan oleh laki-laki. Tarian ini menggambarkan kelahiran seorang manusia di muka bumi dan menggambarkan para prajurit yang melakukan latihan keprajuritan.

Wayang Topeng Malangan (Topeng Malang)
Gaya kesenian ini adalah wujud pertemuan tiga budaya (Jawa Tengahan, Madura, dan Tengger). Hal tersebut terjadi karena Malang memiliki tiga sub-kultur, yaitu sub-kultur budaya Jawa Tengahan yang hidup di lereng gunung Kawi, sub-kultur Madura di lereng gunung Arjuna, dan sub-kultur Tengger sisa budaya Majapahit di lereng gunung Bromo-Semeru.

Untuk melestarikan budaya yang mereka punya, di kota Malang juga terdapat tempat yang merupakan sarana apresiasi budaya Jawa Timur yaitu Taman Krida Budaya Jawa Timur, di tempat ini sering ditampilkan aneka budaya khas Jawa Timur seperti Ludruk, Ketoprak, Wayang Orang, Wayang Kulit, Reog, Kuda Lumping, sandra tari, saat ini bertambah kesenian baru yang kian berkembang pesat di kota Malang yaitu kesenian “BANTENGAN” kesenian ini merupakan hasil dari kreatifitas masyarakat asli malang, sejak dahulu sebenarnya kesenian ini sudah dikenal oleh masyarakat malang namun baru sekaranglah “BANTENGAN” lebih dikenal oleh masyarakat tidak hanya masyarakat lokal namun juga luar daerah bahkan mancanegara khususnya dimalang sering diadakan pergelaran bantengan hampir setiap perayaan hari besar baik keagamaan maupun peringatan hari kemerdekaan.

topeng 1

Menarik sekali bukan??? ingin ke Jawa Timur?? mampir ke Malang? jangan lupa ajak saya yah….🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s