Candi BOROBUDUR Bukan Sekedar Tumpukan Batu


Sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia, Candi Borobudur dibangun dengan menggunakan +/- 55.000 m3 batu. Tinggi bangunan ini sampai kepuncak adalah 42m, dengan lebar dasar 123 m. Tegak dan kokoh menjulang keangkasa dan merupakan bagian dari sejarah yang telah berumur 12 abad. Kapan pastinya candi ini didirikan tidak diketahui dengan pasti. Tidak adanya bukti-bukti tertulis menyebabkan Borobudur penuh kegelapan. Penentuan umur dilakukan dengan memperhatikan dasar corak bangunan candi dan ukir-ukirannya yang menunjukkan corak Jawa tengah abad 8 masehi.

borobudur1

Sejak dibangun pada abad ke 8, sejarah borobudur timbul tenggelam. Setelah selesai dibangun, borobudur menjadi pusat penelitian dan pemngembangan agama budha. Para pemeluk agama ini, mengunjungi Borobudur untuk mempelajari agama budha. Seluruh rangkaian relief borobudur berisi ajaran-ajaran agama budha. Pada jaman itu bangunan borobudur menjadi pusat perhatian dan dipuja sebagai bangunan yang suci.

Namun itu tidak berlangsung lama. Bersamaan dengan surutnya agama budha, borobudur ditinggal para pemeluknya. Setelah dinasti Cailendra (Caila=gunung, Indra=raja) lenyap, borobudur tak ada kabar beritanya. Berabad-abad borobudur tertutup kegelapan. Tidak ada tulisan ataupun berita tentang borobudur.

borobudur3

Seiring dengan berpindahnya pusat kerajaan jawa ke Jawa Timur, praktis borobudur menjadi tak terurus lagi. Bekas abu letusan gunung berapi yang menyelimuti borobudur menjadi media tumbuh bagi rumput dan semak belukar. Pohon-pohon kecil mulai bertumbuhan menjadikan borobudur beralih rupa menjadi gundukan batu yang tertutup semak belukar dan nampak angker sehingga membuat orang takut untuk mendekat.

Pada awal abad ke 18, Gubernur Jendral Inggris bernama Sir Thomas Stamford Raffles, menerima laporan tentang keberadaan candi besar yang tertutp oleh semak belukar. Raffles kemudian mengutus perwiranya, H.C. Cornelius untuk mengunjungi candi besar tersebut, yang ternyata adalah borobudur. Semak belukar dibersihkan, sehinga nampaklahsebuah candi dengan patung-patung budha yang banyak sekali jumlahnya. Keadaan candi memang menyedihkan, karena banyak sekali bagian-bagian yang sudah runtuh. Banyak patung yang rusak, kepalanya patah dan lengannya buntung. Sayang pemerintahan Inggirs tidak berlangsung lama. Penelitian dan usaha memperbaiki borobudur menjadi terbengkalai lagi. Namun sejak itu borobudur mulai diperhatikan. Dengan dibukanya oleh raffles itu, banyak orang mengunjungi borobudur.

buddhist gods

Pemerintah Belanda yang mulai berkuasa lagi, mulai tertarik. Sayangnya tidak semua orang bermaksud baik. Patung dan bagian-bagian candi yang indah banyak diambil orang atau pejabat pemerintah. Salah satu contoh adalah pada tahun 1896, pemerintah Hindia Belanda, melalui Residen Kedu, mengambil delapan gerobak penuh patung dan bagian borobudur yang indah untuk dihadiahkan kepada Raja Siam. Raja Chulalangkon memang mengunjungi Borobudur dan sangat tertarik akan patung-patung budha dari candi tersebut. Maka diangkutlah hadiah dari Belanda itu ke negaranya. Sampai sekarang benda berharga dari borobudur itu tersimpan di Museum Bangkok, Thailand..

Pada tahun 1907 sampai 1911 borobudur direstorasi besar-besaran. Pimpinan restorasi adalah Ir. Th. Van Erp, seorang insinyur belanda yang berbakat dan memiliki perhatian besar akan nasib borobudur. Biaya yang sangat besar telah tersedia, borobudur yang hampir runtuh dibongkar satu persatu. Kemudian batu-batu yang tercecer dikumpulkan. Rangkaian-rangkaian yang terpisah dicari dan disatukan. Percobaan menyusun rangkaian yang sama itu sangat sukar dan lama. Perlu ketelitian dan kesabaran untuk melakukannya dan tidak boleh terjadi kesalahan dalam proses tersebut agar bisa diperoleh bentuk candi seperti semula saat dibangun.

Hasil kerja Van Erp akhirnya memuaskan, meskipun banyak bagian yang sudah hilang, namun borobudur tampak luar biasa. Sayangnya proses alam tak bisa dicegah. Hujan dan kotoran selalu menimpa borobudur, menjadikan lumut tumbuh subur dan beberapa bagian candi mulai miring, renggang dan amblas. Akhirnya pada tanggal 10 Agustus 1973 pemerintah Indonesia, dengan dibantu dana dan tenaga-tenaga ahli dari berbagai penjuru dunia melakukan proses pemugaran besar-besaran terhadap candi borobudur. Pemugaran tersebut berlangsung hampir sempurna, dan hasilnya bisa dinikmati hingga sekarang.
(dirangkum dari buku Candi Borobudur oleh Aiaz Rajasa, yang banyak dijual saat mengunjungi lokasi candi)
………………………………………….
Arsitektur candi Borobudur memang sangat menarik, terdiri dari tiga bagian utama yakni kaki, badan dan kepala candi. Pada dinding-dinding borobudur terpahat relief-relief. Relief merupakan rangkaian cerita yang dilukiskan dalam satu bingkai (panel) untuk satu adegan. Terdapat ribuan bingkai pada candi ini ditambah dengan ratusan patung budha yang terdapat dalam stupa-stupa maupun relung-relung yang ada pada bagian dinding candi.

borobudur

Suatu hal yang unik, bahwa candi ini ternyata memiliki arsitektur dengan format menarik atau terstruktur secara matematika. setiap bagain kaki, badan dan kepala candi selalu memiliki perbandingan 4:6:9. Penempatan-penempatan stupanya juga memiliki makna tersendiri, ditambah lagi adanya bagian relief yang diperkirakan berkatian dengan astronomi menjadikan borobudur memang merupakan bukti sejarah yang menarik untuk di amati.

46 thoughts on “Candi BOROBUDUR Bukan Sekedar Tumpukan Batu”

  1. seharusnya candi borobudur lebih di perhatikan dalam sejarahnya.sehingga dapat membangun sejarah yang ada di indonesia dan karena itu kami sebagai generasi penerus bangsa indonesia menginginkan pemerintah membudayakan karya dari hasil nenek moyang kita.

  2. zzz KENAPA SI ORANG ORANG LUAR PADA KEJAM, KALO KETEMU ORANG ORANG YANG NGAMBIL PATUNG NYA GW BUNUH DIA [I KILL YOU THIEV BOROBUDUr]GRGRGRGRGRGR GA HANCURIN BELANDA AGr..

  3. Tuh… nenek moyang kita aja bisa bikin sesuatu yg masuk kedalam ranah keajaiban dunia…,
    Apa yang akan kita lakukan untuk bangsa ini….????

    to ahmad: anda mau nge-bomb nih candi mad….?

  4. yogya adalah kota yang akan kaya akan sejarah n budayanya yang kental kebudayaannya n penghasil batik yang terkenal ke seluruh dunia. apalagi jln malioboro yang terkenal dgn cinderamata yang unik n khas. apalagi candi borobudur yang khas akan zaman sejarah n arsitekturnya. tercatat dalam keajaiban dunia diantara 7 keajaiban dunia.

  5. aku cnta yogya yang terkenal akan budayanya . apalagi sejarah n arsitekturnya………………………………………………..

    terutama candi borobudur…………………….

    I love you yogya……………
    upasaka
    N
    upasika
    03_07_09
    ingin hilang ingatan

    1. bagus bged……
      aku cinta bged…………………………….INDONESIA
      dah keindahan alamy bagus….
      tapi kok masih ad sisa teroris ya…..!!!!

      bagi yg cinta ama INDONESIA…..
      SEMANGAT……………………………!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  6. Buat smuanya,siapa saja, BOROBUDUR TERLETAK DI KABUPATEN MAGELANG PROPINSI JAWA TENGAH, jadi jgn sampai salah kaprah dg jogja. Yang benar,jalur wisata ke borobudur merupakan salah satu jalur wisata jogjakarta. Ok??!

  7. pada zaman itu nenek moyang kita sdh bisa membuat candi Borobudur yg mungkinpada saat itu juga merupakan karya yg sangat luar biasa pada zamannya, dan yg paling penting untuk generasi kita sekarang apakah bisa membuat maha karya yg bisa sebanding hebatnyadengan Borobudur?????

  8. Meskipu q anx jogja tp q lm prnh dtg ke cndi borobudur! tp q ingin sekali dtg mnyaksikan keindahan mahakarya ne2k moyang!

  9. gmana caranya aq aplaud gambar di web ini ke my fb…i just want introduce my tample n bout Indo 2 my friends yg bnyk org luar…biar mrk interest mo ke indo

  10. BoRoBuDuR…………….. sUaSaNa SaNgAt MenYeNaNgKhAn, bAgI gW & kLuArGa Gw……….?

    kRnA dI StUlAh Gw Di LhRkAn………….? sNgGh MhA kArYa InDonEsIa…….?

  11. menurut penelitian terbaru,kemungkinan Borobudur adalah singgasananya ratu Saba pada masa Nabi sulaiman lo..coba cari beritanya..sampai sekarang msh diteliti…

  12. orang yang bukan orang indonesia aja perduli sama candi borobudur, yang jelas2 itu warisan luhur nenek moyang kita. masa kita yang asli org indonesia ga perduli, malah merusak apa yang sudah diwariskan. coba dong pipelihara jangan hanya jadi bangsa yang merusak dan menghancurkan

  13. kmrn tepat 1 jan 2010 sy dan ke 4 tmn sy ke borobudur,, syg nampak krg terawat, banyak sampah dan yang terpenting kmn kah kepala dan tangan2 patungnyah…!?
    please mhn untuk dilestarikan….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s