Pendidikan Lingkungan dengan Belajar Sambil Bermain


Salah satu metode pendidikan lingkungan adalah dengan belajar sambil bermain. kenapa permainan???
Permainan alam adalah suatu program pendekatan dengan alam yang dapat dilakukan disegala kondisi, dimana pun yang dapat dilakukan dengan menggunakan semua panca indera dan oleh siapa pun, tidak dipengaruhi oleh umur maupun pengetahuan seseorang.
Efek dari permainan ini untuk memberikan pengertian yang mendalam terhadap alam dan lingkungan, memperoleh berbagai macam pengalaman dengan menggunakan panca indra, menimbulkan minat yang besar, menambah rasa sensitif dan samasama dimengerti pesertanya.
Kenapa permainan?
1.Permainan membuat kegiatan kita menjadi hidup karena menimbulkan kegembiraan, kedinamisan, melibatkan lingkungan sekitar, tidak memerlukan latihan, kepercayaan terhadap pemimpin, sesuai dengan arah dan prinsip.
2.Penajaman perasaan dengan konsentrasi, kedalaman rasa kegembiraan, kemampuan untuk meneliti, ketenangan hati, pendekatan terhadap alam secara mendalam.
3.Pengalaman secara langsung: pengalaman yang mendalam dan pengetahuan, menimbulkan rasa cinta, menghormati dan rasa simpati terhadap alam.
4.Membagi kesan: pengalaman menghasilkan kekuatan yg besar, meningkatkan suasana, mempererat hubungan dalam kelompok, umpan balik ilmu pengetahuan dan pengalaman, rasa saling berbagi.

Bentuk permainan alam bisa dilakukan dengan :
1. Melihat kondisi alam sekitar dengan diam (meningkatkankan kemampuan panca indra, sensitivitas, melatih kesabaran), mengamati perilaku satwa dan suara-suara yang ada disekitar kita.
2. Pengamatan: pengamatan burung, serangga, daun.
3. Penuh permainan: rantai makanan.
4. Dan lain-lain.

permainan jaring2 makanan

Penggunaan indra
1. Pendengaran : Melatih kesabaran dengan mencoba mendengarkan berbagai suara di alam dan melihat alam sekitarnya dengan diam di suatu tempat yang dipilih dengan tidak banyak mengeluarkan suara atau gerakan.
2. Peraba : Mencoba merasakan sesuatu yang ada di dalam kantong tertutup
3. Belajar mengetahui perbedaan dan mengelompokan perbedaan tersebut : Mengumpulkan benda-benda alam yang dikelompokan ke dalam ukuran, tipe, warna, bentuk, khas (lembut, berbulu) atau yang menyerupai alam kemudian diskusikan.
4. Dan lain-lain.

Jangan lupa bahwa disetiap akhir pertemuan harus ada diskusi atau pemaknaan. kenapa?? Karena dalam sesi ini si anak didik akan belajar menelaah, membuat kesimpulan sendiri, berlatih bicara didepan rekan-rekannya.

diskusi/pemaknaan game

Untuk model permainan kita bisa membuat permainan-permainan dengan ide dari kita sendiri. dengan permainan yang baru, akan lebih baik.
Di blog ini juga saya berikan beberapa games yang biasa digunakan dalam pendidikan lingkungan (dalam kategori game’s)

9 thoughts on “Pendidikan Lingkungan dengan Belajar Sambil Bermain”

  1. Wah, disekolah kami juga melakukan hal yang hampir sama dengan metode belajar pendidikan lingkungan hidup. ada banyak kegiatan di skeolah kami termasuk lomba mural yang akan diadakan 25 April 2009 dengan tema lingkungan hidup. untuk info dan formulir ttg lomba itu bisa dilihat dan didownload di http://almuslimsurabaya.wordpress.com

  2. Kategori games nya masih kosong ya bang… Klo udah ada sharing-sharing ya bang. Saya kepengen coba praktek untuk adik-adik sd hingga sma.. Di blog saya, saya baru menampilkan satu games tentang daya dukung alam berkelanjutan. Itu juga dapat dari temen-temen.

  3. kok permainan-permainannya lebih ke fun games untuk ice breaking. klo permainan yang membawakan sebuah konsep pengetahuan lingkungan ada ga kang? soalnya klo permainan-permainan seperti yg ada dalam kategori cocoknya untuk memeriahkan suasana…

    1. Permainan sebenarnya sama semua, hanya bisa kita tambah isinya misalnya pemainan dengan tema lingkungan contoh permainan 7 sial bisa kita analogikan sebagai keseimbangan alam, jika satu hilang maka lingkarannya akan rusak.

      Justru bagus jika bisa kita pakai belajar menggunakan game2 yang fun, jadi pesertanya merasa bermain tapi sebenarnya sambil belajar, di akhir game kita bisa kasih pemaknaan, nah di pemaknaan ini kita bisa diskusi tentang game tadi kita sesuaikan dengan temanya..

      Jadi satu game bisa untuk banyak acara, tinggal bagaimana pemaknaan kita… selamat nge game…

    1. yup bener sekali mas, mau dibikiin seperti apa game yang kita mainkan sangat tergantung pada fasilitatornya. dapat kita tambah diskusi atau pemaknaan di akhir permainan untuk melatih peserta lebih peka dan percaya diri (berani ngomong didepan umum), sangat bagus untuk anak2 tetap dengan metode yang fun, belajar sambil bermain karena anak2 jiwanya masih suka bermain..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s