Sequoia, Super Komputer baru IBM: 20 petaflops per second


Masih ingat dengan road runner? itu tuh, milik IBM yang memiliki kecepatan 1026 kalkulasi perdetik..

super komputer baru Amerika (shirogadget.com)
Nah,, Kini IBM telah membuat baru mereka. Namanya adalah Sequoia. baru ini akan memiliki kemampuan 20 petaflops per second. Seperti apa perhitungan itu?? Sebagai gambaran. Roadrunner memiliki kemampuan memproses sebesar 1.026 quadrilion flop persekon (kurang lebih 1 Peta Flop per second). Untuk menggambarkan kecepatan kalkulasi saja,

Saking extremnya kecepatan Roadrunner ini, dapat digambarkan dengan jika 6 miliar orang di seluruh dunia menggunakan kalkulator tangan dan melakukan perhitungan selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu, maka akan membutuhkan waktu 46 tahun untuk dapat melakukan perhitungan yang setara dengan yang dapat dilakukan roadrunner selama 24 jam. WOW!!!

nah, bagaimana dengan Sequooa, tentunya kecepatan pemrosesannya 20 kali lebih cepat dari pada tersebut. Atau:
jika 6 miliar orang di seluruh dunia menggunakan kalkulator tangan dan melakukan perhitungan selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu, maka akan membutuhkan waktu 920 (46×20) tahun untuk dapat melakukan perhitungan yang setara dengan yang dapat dilakukan Sequoia selama 24 jam.

Selain dapat mengerjakan perhitungan dengan cepat, sequoia juga menyerap energi sangat besar. Seberapa besar? Reuters menggambarkannya dengan setara dengan energi yang dibutuhkan untuk menghidupi 200 juta laptop. Gila!!!

Karena besarnya energi yang diserap, sampai-sampai untuk mendinginkan Sequoia ini dibutuhkan 96 Mesin Pendingin (semacam AC) berukuran besar untuk menjaga suhu tetap optimum. Lalu seberapa besar ukuran ini?? Saya kuranh tahu persisnya, yang jelas untuk ini membutuhkan suangan berukuran 318 meter persegi sebagai penyimpanannya.

BTW, ini akan siap diluncurkan (rencananya) pada tahun 2011 dan akan diserahkan ke Departemen energi Amerika Serikat. Nantinya komputer paling hebat di dunia (sampai saat ini) ini akan digunakan untuk mensimulasikan pengujian nuklir, memperkirakan cuaca dengan lebih baik atau untuk explorasi minyak.

Tags: , , ,

Posting Terkait

Sumber: Sequoia, Super Komputer baru IBM: 20 petaflops per secondShiroGadget Sponsor: Game Flash Gratis

2 thoughts on “Sequoia, Super Komputer baru IBM: 20 petaflops per second”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s