Kasus Ilegal Logging Rugikan Indonesia Rp 30 Triliun


Kayu Hasil Illegal Logging

Kasus ilegal logging di Indonesia yang mencapai 50,7 juta m3 per tahun, menyebabkan negara menderita kerugian sebesar Rp30,42 triliun per tahun. Hal itu diungkapkan oleh Asisten Deputi IV Urusan Pertanian dan Kehutanan, Kementerian Lingkungan Hidup, Bambang Purwono, Senin (23/8). Menurutnya kerusakan hutan terbesar terjadi di perbatasan Indonesia dan Malaysia.

kayu hasil ilegal logging

Saat ini, di perbatasan Kaltim dan Malaysia kerusakan hutan diwilayah tersebut mencapai 150.000 hektare per tahun, dan di propinsi Kalbar kerusakan hutan yang terjadi seluas 250.000 hektare per tahun.

Sedangkan di propinsi Papua penyelundupan kayu mencapai 600 ribu m3 per bulan, dengan kerugian mencapai Rp 7,2 trilliun. Kebanyakan kayu kayu hasil ilegal logging itu diselundupkan ke negara tetangga seperti, Malaysia, Cina, India dan Vietnam mencapai 10 juta m3 per tahun.

ilegal logging 2

Tingginya kasus ilegal logging di Indonesia juga menyebabkan kerusakan lingkungan yang sangat parah, sehingga menyebabkan bencana alam serta hilangnya sejumlah species keanekaragaman hayati.

Dalam kasus ilegal logging ini, meski pemerintah telah melibatkan banyak pihak untuk mengatasinya, namun kenyataannya sangat sulit diberantas karena banyak oknum aparat yang terlibat sebagai becking.

DEMI UANG

17 thoughts on “Kasus Ilegal Logging Rugikan Indonesia Rp 30 Triliun”

  1. sangat disayangkan bahwa negara indonesia yang begitu indah ini dengan hutan-hutannya kini telah menjadi salah satu aspek yang sangat menghawatirkan karena banyaknya ilegal logging yang merugikan negara kita………………………………..

    hapuskan ilegal logging dari negara kita.!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1

  2. Benar…
    para kaum penjajah terus bergerak,, tapi yang menjajah rakyat kawan kita sendiri alias anak bangsa sendiri…..

    KPK gimana tuh????????
    Ayo berantas Ilegal logging demi indonesia dan anak cucu kita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s