Interior Kantor Refleksi Cara Kerja Masa Kini


InteriorKantor_Office01

TEMPAT untuk bekerja bisa di mana saja. Rumah, kantor, di jalan, atau tempat khusus yang menyenangkan. Tuntutan di tempat kerja kini tidak serumit dulu dan tak lagi mutlak membutuhkan tempat luas. Pada ruang yang terbatas ini Anda bisa berkreasi karena perkembangan teknologi memungkinkannya. Informasi tentang interior kantor juga sangat mudah didapat untuk para pemburu desain kantor di artikel interior kantor yang ada di internet contohnya di blog.interiorkantor.com atau di iklan interior & property.

Berbagai macam cara diusahakan produsen untuk memenuhi suasana kantor yang “clean”, mulai dari kursi, meja, tempat penyimpanan, sampai penyekat ruang yang kini lebih disederhanakan menjadi bentuk workstation.

Workstation sebagai penunjang kerja juga merefleksikan perubahan cara kerja dewasa ini. Meja lepas yang dulu dianggap sebagai wilayah pribadi telah digantikan oleh workstation. Penyekat ruang ini dikenal dalam dua sistem, yaitu panel system berupa panel yang lepas, berdiri sendiri, serta desking system, panel yang mempunyai ikatan hubungan langsung dengan meja. Tingginya pun bervariasi, ada yang sejajar penglihatan (eye level) dan lebih tinggi lagi. Untuk interior bergaya terbuka (open space office), panel penyekat seperti ini dibutuhkan sebagai pengganti dinding masif.

Mead-interior-Office-5-750

Dewasa ini mulai dikenal pula istilah free desk system, suatu sistem meja lepas yang bebas digunakan siapa saja dan sudah dilengkapi dengan sistem plug & play. Ini memungkinkan meja tersebut dapat digunakan saat diperlukan dan tetap terkoneksi dengan jaringan kantor maupun Internet, tempat yang tepat untuk berkolaborasi, beramah tamah, serta “bertemu”.

Kertas yang biasanya berserakan di atas meja tersimpan lebih rapi pada kontainer yang didesain sedemikian rupa. Bahkan, ada kontainer multifungsi yang dirancang menyatu dengan meja komputer. All in one, ada scanner, mesin faksimile, fotokopi, printer, dan komputer yang didesain dalam satu unit. Berkas penting dalam pedestal kini lebih banyak disimpan dalam bentuk file elektronik sehingga lebih efisien dan praktis karena tidak menghabiskan tempat.

disain-kantor-kemayoran-jakarta

KANTOR yang menyenangkan adalah tempat yang tidak membosankan dan dapat membangkitkan gairah kerja. Pelengkap interior ataupun peralatan kerja sebaiknya dipilih yang ramah lingkungan, nontoxic, dan mudah dibongkar pasang. Namun, bagaimanapun ini tetap tergantung cara kerja orang di dalamnya. Sebagai rumah kedua bagi pekerja, penataan interior ideal adalah yang sesuai dengan kebutuhan kerja tanpa melupakan aspek-aspek privasi, komunikasi, hierarki, desain, alur kerja, dan efisiensi.

Untuk memberikan kesan pertama yang membekas kepada klien, pada umumnya sebuah kantor dan perusahaan kreatif dalam desain berusaha menata kantornya sedemikian rupa. Hal ini dilakukan agar klien dapat membaca karya, citra, serta warna perusahaannya. Ini akan tercermin dalam pemilihan materi dan warna pada fisik interior, selain pencahayaan juga merupakan unsur krusial yang perlu dipertimbangkan.

MUSPIDA

Secara fisik, interior kantor masa kini lebih dibutuhkan yang bersuasana terbuka dan akrab. Inspirasi memilih warna ruangan dan cahaya yang tepat dapat menghilangkan sudut-sudut gelap yang ada. Dinding masif dapat dikurangi dengan cara menempatkan kaca transparan di beberapa sisi ruang sehingga kesannya luas dan terbuka. Bisa juga diadakan ruang transisi multifungsi terbuka antara satu lantai dan lantai lainnya maupun antara area kerja sehingga memungkinkan terjadinya interaksi maksimal.

Setiap orang membutuhkan suasana tertentu agar dapat melahirkan ide-ide baru. Ada yang butuh suasana rumah, ada yang perlu suara musik, bahkan ada orang yang justru bisa mencetuskan ide baru dan segar sambil berdiri ketimbang dalam posisi duduk selama berjam-jam.

Untuk menghilangkan rasa penat karena duduk lama di kursi kerja, biasanya orang akan berdiri meluruskan tubuh. Hal ini menjadi perhatian para desainer produk sehingga tercipta perangkat meja kerja untuk berdiri atau tanpa kursi yang juga dapat diatur tinggi rendahnya dengan kekuatan mekanik.

Aktivitas diskusi sambil berdiri bisa dilakukan di sekitar meja yang didesain lengkap dengan plug & play untuk komputer. Konon, bekerja sambil berdiri lebih sehat karena peredaran darah lebih lancar. Tentu saja ini semua tergantung dengan jenis pekerjaan yang ditekuni seseorang. Maka, muncullah di pasaran desain meja kerja untuk posisi berdiri. Bentuk permukaan meja pun tidak lagi geometris, tetapi lebih dinamis, tak beraturan mengikuti bentuk tubuh orang yang berdiri di hadapannya.

Perangkat yang efisien dan praktis untuk sebuah kantor bergaya landscape membuat banyak perangkat interior kantor yang didesain mobile dengan roda. Mulai dari kursi, meja, tempat penyimpanan, bahkan pantry pun dibuat praktis dengan roda sehingga bisa digeser dan dibawa ke mana saja. Lokasinya pun tidak lagi memerlukan ruang khusus karena mebel itu bisa diletakkan di satu sudut area hingga lebih efisien dalam penggunaan ruangnya.

Ruang penerima tamu sekarang ini juga didesain agar lebih representatif, fungsional, rapi, hangat, komunikatif, dan dapat membuat tamu merasa nyaman selama menunggu. Pada daerah ini bisa disediakan bahan bacaan. Untuk mengingatkan tamu pada citra perusahaan, bisa dipasang logo perusahaan di dinding ruang. Area bagi resepsionis pun bisa dimanfaatkan untuk menunjukkan citra perusahaan.

Mebel untuk ruang tunggu (lounge room furniture) sebaiknya dipilih yang nyaman. Ruang ini bisa didesain bagai ruang tamu di rumah. Semua fasilitas yang tersedia dimaksudkan untuk kenyamanan tamu saat harus menunggu. Bila memungkinkan, letakkan pula meja khusus agar tamu bisa bekerja dengan laptopnya. Buat tatanan interior yang dalam waktu singkat bisa mencerminkan citra perusahaan tanpa tamu harus melihat ke bagian dalam kantor.

Bagaimana dengan bentuk kantor di rumah (home office)? Sebagian orang lebih menyukai bekerja di rumah dengan alasan tertentu berkaitan dengan dana, kepraktisan, sampai urusan anak. Apa pun alasannya, ada baiknya bila ruang kerja di rumah terpisah dengan ruang kegiatan keluarga.

Dengan demikian, Anda tetap bisa berkonsentrasi pada pekerjaan saat diperlukan. Ruang ini harus mempunyai sirkulasi udara yang baik, tidak panas, dan cukup pencahayaan. Sebaiknya tempatkan pula tanaman hias, rangkaian bunga segar, atau elemen dekoratif lainnya sebagai penunjang estetika ruang. Ini akan membuat suasana kantor Anda lebih segar dan nyaman.

Anda sudah memiliki website interior atau proferty dan ingin lahan promosi dalam bentuk iklan baris, situs interiorkantor.com menyediakan iklan interior kantor bagi Anda bagian marketing perusahaan untuk lebih memperkenalkan website Anda di komunitas dunia maya.

6 thoughts on “Interior Kantor Refleksi Cara Kerja Masa Kini”

  1. Saya ingin memperoleh katalog produk / interior design untuk ruang kantor dan ruang meeting kantor. Kami bergerak di bidang bisnis minyak dan gas (eksplorasi).

    Terima kasih

    Ivanina Pane
    Office Supervisor

    MITRA ENERGY LIMITED
    SCBD Lot 25 Jl Jend Sudirman kav.52-53
    Jakarta 12190
    INDONESIA
    (021) 515-2245 (Phone)
    (021) 515-2246 (Faks)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s