Mbah Surip Menggendong 4,5 M


mbah Surip

Namanya menjadi populer berkat lagu Tak Gendong yang sering diputar di televisi. Penampilan Mbah Surip , demikian ia biasa dipanggil yang unik juga jadi salah satu ciri khasnya. Dengan rambut rasta ala penyanyi reggae dan tawanya yang lepas menjadi ciri dari Mbah Surip.

Dilahirkan di Mojokerto, 5 Mei 1949 dengan nama asli Urip Ariyanto adalah duda dengan empat orang anak sekaligus kakek dari empat cucu. Sebelum menjadi seniman, Mbah Surip menjalani berbagai macam profesi. Mulai pekerjaan di bidang pengeboran minyak, tambang berlian bahkan lelaki yang memiliki gelar Drs, Insinyur dan MBA ini pernah mengadu nasib di luar negeri seperti Kanada, Texas, Yordania, dan California.

Dalam perjalanan bermusiknya, ia telah mengeluarkan beberapa album yang dimulainya sejak 1997.  Beberapa albumnya antara lain, IJO ROYO-ROYOINDONESIA I (1998), REFORMASI (1998), TAK GENDONG (2003) dan BARANG BARU (2004).

mbah Surip2

Lagu Tak Gendong yang dilantunkan Mbah Surip mampu mengantarnya menuju gerbang sukses. NSP (nada sambung pribadi) lagu tersebut meraup Rp9 miliar. Pria bergaya Bob Marley itu pun mendapat royalti Rp4,5 miliar.

“Sebagian uang itu disimpan dan sebagian untuk yatim piatu. Sedekah ke mana-mana,” kata pemilik nama Urip Ariyanto ini sambil tertawa.

Sekilas tak ada yang istimewa dari lagu Tak Gendong.  Liriknya pun sederhana, Tak gendong ke mana-mana, tak gendong ke mana-mana. Enak toh. Lantas dapat ide dari mana Mbah Surip dalam menciptakan lagu tersebut?

“Ide awalnya ketika Mbah kerja di pengeboran minyak di Amerika. Kalau liburan saya senang main di bawah jembatan California. Saya lihat kok kerja sama orang-orang di sini dan Indonesia hampir sama. Ada yang gotong royong,” cerita penyanyi yang mengawali karier sebagai seniman jalanan ini.

Karena lagu ini juga akhirnya Mbah Surip benar-benar ketiban rejeki menggendong royalti 4,5M.

Woowwwww….. siapa mau digendong???

Lirik lagu:

Mbah  Surip-Tak Gendong (download)

Tak gendong kemana-mana
Tak gendong kemana-mana
Enak donk, mantep donk
Daripada kamu naik pesawat kedinginan
Mendingan tak gendong to
Enak to, mantep to
Ayo.. Kemana

Tak gendong kemana-mana
Tak gendong kemana-mana
Enak tau

Where are you going?
Ok I’m walking
Where are you going?
Ok my darling

Ha…Ha…

Tak gendong kemana-mana
Tak gendong kemana-mana
Enak donk, mantep donk
Daripada kamu naik taksi kesasar
Mendingan tak gendong to
Enak to, mantep to
Ayo.. Mau kemana

Tak gendong kemana-mana
Tak gendong kemana-mana
Enak tau

Where are you going?
Ok I’m walking
Where are you going?
Ok my darling

Ha.. Ha…

Tak gendong kemana-mana
Enak tau
Ha.. Ha…
Ha.. Ha…
Ha.. Ha……

Capek…..

8 thoughts on “Mbah Surip Menggendong 4,5 M”

  1. Dunia ini memang serba aneh…….orang Jawa bilang molak-maliking jaman……Gelandangan jadi Milyarder ya Mbah Surip itu….makanya kita tidak boleh putus asa terhadap karunia Allah……….Mantap man….tak gendong kemana-mana…..semoga dengan uang yg banyak itu mbah Surip nggak kaget..dan rejekinya berkah……

  2. Mbah Surip sebagai seniman mempunyai ciri khas tersediri, ha…ha….ha…ha…ha..serta menciptakan lagu sederhana yang pada awalnya tidak dilirik, namun dengan kesabaran dan ketahanannya dalam berprofesi maka tampillah si mbah dengan ciri yang lain dari pada yang lain. Si mbah saat ini telah menjadi milyarder berkat ring tone “tak gendong”

    Th. 2003 ketika diundang ke komplek Pulogebang Permai, Cakung, JakTim dia datang menepati kesanggupannya dan tampil dipanggung, namun saat itu masyarakat belum terbiasa mendengar lagunya, sayang juga saat itu soundnya kurang mendukung.

    Mudah2 an th 2009 Mbah Surip menyanggupi tampil kembali di komplek kami atas undangan panitia HUT-RI ke 64 RW010, dan panitia sedang mencari artis pendamping yang berasal dari warga untuk berkolaborasi. Semoga semakin menarik dan ramai untuk di tonton.

  3. salam kenal. Akhirnya mbah surip hari ini meninggal dunia. Saya turut berduka cita.
    Saya mohon ijin untuk nampilkan gambarnya mas sebagai bahan turut berduka di blog saya dan link ke blog ini.
    Saya bener2 salut atas kegigihan beliau. Semoga amal baiknya akan mendapat ridho dari-Nya. Amien.
    Trims atas kerjasamanya. Salam sukses selalu.

  4. I love U Full
    Kata kata terakhir yang diucapkan oleh alm mbah surip seolah olah masih terngiang ditelinga kita semua.
    Selamat jalan semoga mendapatkan tempat yang teratas disisi Tuhan yang maha esa..

  5. Inalillahi Wainalillahi roji”un,, Telah berpulang ke pangkuan-NYA, sang I LOVE YOU FULL mBh surip, SEorang seniman yang bagi saya perlu diteladani sikap dan kemauannya dalam menjalani suatu kehidupan ” dia memilh hdup sederhana dari pada menikmati kemewahan, seperti yang dikatakannya sewaktu beliau masih hidup “LEBIH BAIK KAYA HATI DARI PADA KAYA DENGAN MATERI YANG MELIMPAH” smG slruh keluarga diberikan ketabahan, daN almarhum mdpt tempat yang Terbaik .. AMienn I LOVE YOU FULL MY LEGEND. REST IN PEACE

  6. selmat jalan my sweety embah,,,tiada hari tanpa dihiasi dengan tawa dan candamu yang khas,kw,,,pantas disebut musisi legendaris dan benar-benar menecerminkan orang indonesia tulen..setelah lama mencari dan menunggu hadirny sesosok orang seperti kw,,, yang membuat negeri ini bisa tersenyum ramah oleh tingkah mu,tapi knp secepat itu kw meninggalkan kami smwa ,,,,, I love u full

  7. mbahh……met jalan mbah…..menghibur semwa malikat di surga…mbah i love u full….muach..muach…muach…ga papa kena ecesnya juga..hahahaha…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s