Indahnya Danau Sentani di Bumi Cenderawasih


jayapura
Dok: Inda Dwi Setiawati, S. ST
Siapa bilang Papua atau pulau yang terkenal dengan sebutan “Bumi cenderawasih” ini hanya berisi bukit-bukit, hutan dan cuaca panas saja??? Pulau ini juga punya wisata bahari yang tidak kalah dari wilayah-wilayah lain di Indonesia. Salah satunya adalah Danau Sentani.
Tidak kurang dari empat belas kabupaten di Papua mempunyai keunikan dan daya tarik tersendiri bagi anda yang berkunjung. Banyak pilihan yang bisa anda kunjungi, ada wisata bahari yang mempersembahkan taman laut yang mempesona, wisata budaya, sejarah dan terlebih wisata fauna dan flora yang mungkin tidak bisa anda temui ditempat lain seperti burung cenderawasih.

pantaiDok: Inda Dwi Setiawati, S. ST

Semua tempat wisata yang mengagumkan ini masih sangat alami. Dengan peradaban masyarakat pedalaman yang masih primitive, menjadikan Papua sebagai sebuah tempat wisata yang sangat menarik perhatian para wisatawan mancanegara maupun wisatawan lokal.

Kota Jaya Pura yang dulu dikenal dengan nama Hollandia terdapat sebuah museum yang menyediakan berbagai informasi budaya di Papua seperti ukiran dari berbagai kabupaten, alat perang, tenunan dan tarian adat, serta berbagai ritus dan peninggalan purbakala.

Danau Sentani

Di Sentani juga terdapat tugu Jendral Douglas Mc Arthur peninggalan Perang Dunia II. Di sebelah utara monument Mc Arthur, pada ketinggian 325 meter terdapat dataran pegunungan Cyclop dengan puncak Gunung Dofonsoro. Daerah ini sangat indah dan dahulu kala tempat ini merupakan pangkalan pertahanan Mc Arthur.

danau sentani2Dok: Inda Dwi Setiawati, S. ST

Danau Sentani di Papua terletak antara 20.33 hingga 2041 LS dan 1400.23 sampai 1400 38 BT. Berada 70 – 90 m diatas permukaan laut. Terletak juga diantara pegunungan Cyclops. Merupakan danau Vulkanik. Sumber airnya berasal dari 14 sungai besar dan kecil dengan satu muara sungai, Jaifuri Puay. Diwilayah barat, Doyo lama dan Boroway, kedalaman danau sangat curam. Sedangkan sebelah timur dan tengah, landai dan dangkal, Puay dan Simporo. Disini juga terdapat hutan rawa di daerah Simporo dan Yoka. Dalam beberapa catatan disebutkan, dasar perairannya berisikan substrat lumpur berpasir (humus). Pada per-airan yang dangkal, ditumbuhi tanaman pandan dan sagu. Luasnya sekitar 9.360 Ha dengan kedalaman rata rata 24,5 meter. Disekitaran danau ini terdapat 24 kampung. Tersebar dipesisir dan pulau-pulau kecil yang ada ditengah danau.

danau sentaniDok: Inda Dwi Setiawati, S. ST

Danau Sentani merupakan danau terbesar di Provinsi Jaya Pura. Lokasi bersejarah ini, menawarkan scenery yang luar biasa. Masih adanya beberapa Bangau dan Elang yang akan menyambar seekor ikan di Danau Sentani. Anda pun disediakan sebuah perahu Johnson saat mengelilingi danau tersebut.

Sayang Danau Sentani masih kurang terkenal sebagai salah satu objek tujuan wisata dibanding dengan tempat-tempat wisata bahari lain di Indonesia. Oleh karena itu pemerintah membuat satu event berjuluk Festival Danau Sentani sebagai langkah memperkenalkan Sentani di mata wisatawan baek dalam maupun luar negeri.

Festival Danau Sentani

Festival yang diselenggarakan setiap tahun ini dimaksudkan untuk melestarikan nilai-nilai budaya sebagai aset unik dari Ondoafi dan dijadikan satu paket wisata yang dapat dinikmati oleh para wisatawan domestik dan asing.

sentani-festival

Pada festival ini akan ditampilkan Budaya yang sangat unik sebagai warisan dari nenek moyang (Ondoafi atau Ondofolo) antara lain seperti Tari Perang Di atas perahu dan tarian-tarian tradisional lainnya dari berbagai suku yang ada di Kabupaten Jayapura ditambah lagi dengan budaya dari daerah-daerah lain di Papua dan juga daerah lainnya di Indonesia yang mempunyai ciri hampir sama dengan danau sentani seperti masyarakat di sekitar Danau Toba di Sumatera, Danau Mindanao di Sulawesi Utara, danau Tempe di NTT dan sebagainya.

sentani-festival2

sentani-festival3

19 thoughts on “Indahnya Danau Sentani di Bumi Cenderawasih”

  1. Danau Sentani….
    nice place….
    yang pernah aku baca. kehidupan masyarakat di sana juga sedikit memprihatinkan…
    is that true???

    1. itukan katanya lebh baik datang dan saksikan sendiri di tanah papua itu tidak ada gebel atau pengemis seperti di pulau jawa….

  2. saya semakin kagum dng keindahan alam papua setelah dipaparkan secara indah di film Denias… dan sempat diulas di National Geographic..
    btw, foto2 di atas bagus banget

    1. papua memang mengagumkan mas cuma kurang perhatian saja dari p[emerintah untuk memanfaatkan dan mempublikasikan potensi-potensi yang ada.
      Foto-fotonya saya dapat dari kawan yang sedang disana mas, tu ada identitasnya..
      Jika anda punya foto yang menarik dan ingin dipampang diblog ini silahkan kirim ke author mas. dengan artikel juga lebih baik. lengkapnya liat disini.

  3. Sipp mas, emang gitu kok alam nya bagus banget tapi kurang perhatian.. yang foto ke-1 & ke-2 itu pantai Dok II di Jayapura airnya bening jadi klo sore selalu dikunjungi orang2 buat berenang.. pantai yang berbatasan langsung dengan jalan raya dan langsung disambung dengan pegunungan. Karena keadaan alam inilah di beberapa tempat di papua tidak mengenal musim hujan maupun musim kemarau, jadi kemungkinan bisa terjadi musim hujan sepanjang tahun.
    Festival Danau Sentani yang diadakan setahun sekali ini baru diadakan dua kali, yang pertama tahun 2008. Dari Festival yang menyajikan pertunjukkan daerah dan stand2 yang menjual barang2 khas Papua. Dari sini lumayan dapat menarik perhatian para turis berkunjung untuk menontonnya.. Tapi sayangnya tempatnya kurang diperhatikan.. jadi agak kurang nyaman juga bagi pengunjung..
    Semoga aja dengan diadakannya Festival ini, semakin lama pemerintah sini semakin bisa mengoptimalkan potensi papua yang ada🙂

    @Mb’ Magdahlena .. memprihatinkan, mungkin karena harga2 disini(jayapura) bisa di katakan 2-3 kali lipat jawa, atau klo di daerah padalaman bisa mencapai 5-6 kali lipat.. fasilitas kesehatan dan informasi yang kurang.. (sangat berbeda sekali dengan jawa).. tapi bagusnya disini (jayapura), hampir tidak ada pengemis🙂🙂
    tapi yang kulihat di jayapura selama ini c, pendatang rata2 kemakmurannya terjamin🙂 sepertinya penduduk asli ekonominya juga gak buruk2 amat kok,.. hanay saja saya blum tau klo yang dari daerah pedalaman

    1. kayaknya ibu inda orang papua yah???? ada apa lagi yang menarik disana bu???
      Mepow bisa postin lagi ga ya punya papua selain danau sentani???

  4. Ibu Inda,
    Selain danau sentani ada danau lagi yang lain ga ya di Papua?
    Pendapatan perkapita papua berapa ya? kayaknya kok tinggi,, betul ga?

  5. minta izin tampilin link nie di FB JUPITER CLUB REGION PPUA yach buat promosiin papua ke seluruh indonesia.hehehe matur thingkyu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s