Seriwang Asia (Terpsiphone paradisi)


Kingdom: Animalia Phylum: Chordata Class: Aves Order: Passeriformes Family: Monarchidae Genus: Terpsiphone Species: Terpsiphone paradisi

Terpsiphone paradisiFoto oleh Garg’06

English: Asian Paradise-flycatcher,  Malay : Burung Sambar Ekor Panjang

Deskripsi

Berukuran sedang (22cm, jantan ditambah 20cm panjang ekor). Jantan dan betina beda warna dan bentuknya. Kepala hitam bersinar dengan jambul mencolok. Jantan tercatat mempunyai sepasang bulu ekor tengah yang memanjang sampai 25cm, melebihi bulu ekor lain. Jantan ada dua bentuk warna, keduanya cukup berbeda dengan seriwang jepang.  Bentuk pertama: tubuh bagian atas putih bercoret hitam pada pangkal bulu, tubuh bagian bawah putih bersih, sayap hitam. Bentuk kedua: Tubuh bagian atas merah bata, tubuh bagian bawah keabu-abuan. Betina coklat merah bata dengan kepala hitam mengkilap.

Iris coklat, kulit tanpa bulu sekitar mata warna biru, paruh biru ujung hitam dan kaki biru.

Terpsiphone paradisi2Foto oleh the bird i saw

Suara

Suara kontak keras dan serak “ci-tew” atau “ci-wiit, ci wiit wiit”, sering berseling dengan siulan berdering “ciuw ciuw ciuw…” yang nyaring, biasanya diulangi dua kali.

Distribusi Global

Turki, India, Cina, Asia Tenggara, Sunda Besar dan Nusa Tenggara.

Distribusi Lokal

Tersebar di Sumatera termasuk pulau-pulau disekitarnya dan Kalimantan, Cukup umum terdapat dihutan-hutan dataran rendah, di beberapa tenpat sampai ketinggian 1.200 mdpl. Di Jawa terbatas pada hutan dataran rendah dibawah ketinggian 800 mdpl, lebih umum di selatan. Di Bali tidak tercatat dengan pasti.

Terpsiphone paradisi3Foto oleh The Internet Bird Collection

Kebiasaan

Jantan yang putih sangat mencolok sewaktu terbang. Biasanya berburu disebelah bawah tajuk. Sering bergabung dalam kelompok campuran.

Status

Status IUCN : Least Concern     ver 3.1

6 thoughts on “Seriwang Asia (Terpsiphone paradisi)”

    1. kalau persebaranya sampai jawa juga, tetapi untuk dijakarta kami belum mengetahui apakah pernah ada record atau tidak, kita carikan dahulu infonya semoga beberapa rekan pengamat dan lembaga pemerhati burung ada informasinya..

      terimakasih kunjungannya, selama menunggu informasi tentang seriwang dijakarta, jangan lupa selalu kunjungi mepow untuk edisi-edisi yang berikutnya.

      Jangan lupa masukan dan diskusinya.

  1. subhanallah.. cantik banget burung ini sih!! aku baru aja ketemu sama burung ini.. tp, macamana mau ngkap yg sih? adakah bisa hidup jika dipelihara..?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s