WS Rendra “Si Burung Merak” Kini Terbang Bebas, Selamat Jalan Rendra….


ws rendra1

Dua hari yang lalu kita kehilangan seorang musisi hebat Mbah Surip, hari ini (tadi malam) dunia seni Tanah Air-pun kembali berduka. Seniman senior WS Rendra tutup usia pada hari Kamis (6/8), pukul 22.31, di RS Mitra Keluarga, Bogor, Jawa Barat. Kini jenazah dibawa ke kediamannya di kompleks perumahan Pesona Khayangan, Depok. Penyair yang berjuluk Si Burung Merak tersebut wafat dalam usia 74 tahun.

Sudah sejak beberapa bulan lalu WS Rendra dirawat setelah mendapat serangan jantung koroner pada tanggal 30 Juni 2009. Rendra sempat dirawat di RS Harapan Kita. Bahkan ia terpaksa menjalani cuci darah di ruang ICU RS Harapan Kita, Senin, 13 Juli 2009. Selama empat jam lamanya seniman kelahiran Solo 7 November 1935 ini menjalani cuci darah.

Sepengetahuan Adi, Rendra yang sejak 1960-an dikenal sebagai dramawan itu mempunyai riwayat kesehatan yang kurang baik. “Ya dia memang ada (penyakit) jantung sama ginjal, tapi entahlah saya tidak bisa menjelaskan pastinya, karena saya bukan dokter,” kata Adi. Rendra mulai dikenal luas ketika mengadakan ‘Kemah Kaum Urakan’ di pantai Parangtritis, Yogyakarta, 1970 -an. Drama dan sajak Rendra sering dicekal penguasa karena kritiknya yang begitu tajam.

ws rendra

Puisi terakhir WS Rendra yang dibuat pada 31 Juli 2009 adalah Tuhan Aku Cinta PadaMU

Tuhan Aku Cinta Padamu (WS Rendra)

Aku lemas
Tapi berdaya
Aku tidak sambat rasa sakit
atau gatal

Aku pengin makan tajin
Aku tidak pernah sesak nafas
Tapi tubuhku tidak memuaskan
untuk punya posisi yang ideal dan wajar

Aku pengin membersihkan tubuhku
dari racun kimiawi

Aku ingin kembali pada jalan alam
Aku ingin meningkatkan pengabdian
kepada Allah

Tuhan, aku cinta padamu

4 thoughts on “WS Rendra “Si Burung Merak” Kini Terbang Bebas, Selamat Jalan Rendra….”

  1. innalilahi wr..

    Semoga semua yang engkau berikan pada bangsa negara ini dibalas oleh yang Maha Kuasa…

    Selamat Jalan Burung Merakku

Leave a Reply

