Elang Brontok; Changeable Hawk-Eagle (Spizaetus cirrhatus)


Kingdom : Animalia Phylum : Chordata Class : Aves Order : Accipitriformes Family : Accipitridae Genus : Spizaetus Species : Spizaetus cirrhatus

spizaetus cirrhatus

Foto oleh W.A. Djatmiko

English: changeable Hawk-Eagle; Malay: Lang Hindek

Deskripsi

Berukuran besar (70 cm), bertubuh ramping. Sayap sangat lebar, ekor panjang berbentuk bulat. Elang ini mempunyai tiga (tiga) fase  yang berbeda yaitu fase gelap, peralihan dan fase terang.

Fase Terang : tubuh bagian atas coklat abu-abu gelap, tubuh bagian bawah putih bercoret-coret coklat kehitaman memanjang. Strip mata dan kumis kehitaman. Burung muda : Tubuh bagian atas coklat keabu-abuan, kepala dan tubuh bagian bawah keputih-putihan.

Fase Gelap : seluruh tubuh coklat gelap dengan garis hitam pada ujung ekor, terlihat kontras dengan  bagian ekor lain yang coklat dan lebih terang.  Atau warna tubuh hitam secara keseluruhan.

spizaetus cirrhatus4Foto oleh Yayasan Kanopi Indonesia

Fase Peralihan : Bentuk peralihan diantara kedua fase gelap dan terang,terutama terlihat pada pola warna coretan dan garis (tetapi lebih mirip fase terang); garis hitam pada ekor dan sayap tidak teratur serta garis-garis coklat kemerahan melintang pada perut bagian bawah.

spizaetus cirrhatus3Foto oleh lip kee

Iris kuning sampai cokelat, paruh kehitaman, sera kuning kehitaman, kaki kuning kehijauan.

Suara

Pekikan panjang “kwip-kwip-kwip-kwiiah” meninggi atau “klii-liiuw” tajam.

Distribusi Global

India, Asia Tenggara, Filiphina, Sundad besar, dan Nusa Tenggara.

Distribusi Lokal

Terdapat di seluruh dataran Sunda Besar, tidak umum ditemukan di bawah ketinggian 2000 mdpl.

spizaetus cirrhatus2Foto oleh  RAIN (Raptor Indonesia)

Kebiasaan

Mengunjungi hutan dan daerah berhutan yang terbuka, berburu dari udara atau dari tempat bertengger dipohon kering. Umumnya berburu dihutan yang baru saja ditebang.

Status IUCN

Least Concern  ver 3.1 Least concern

7 thoughts on “Elang Brontok; Changeable Hawk-Eagle (Spizaetus cirrhatus)”

    1. itu bkan elang hitam,,tpi emank elang brontok fase gelap,,,klo elang hitam d pangkal paruhnya kuning n klo elang hitam tubuhnya lbih kcil cma bulu sayap ma ekor nya yg sangat panjang mkanya dia terlihat sangat besar n elang hitam ada totol putih di ekornya dan sayap bagian dlam

      1. Baik, mohon maaf bagi pembaca sekalian, untuk foto yang terakhir oleh RAIN memang elang hitam juvenille atau anakan… Elang hitam anakan memang warnanya masih kuningpucat belum hitam sepenuhnya, tapi bentangan sayapnya itu tidak bisa menipu,,
        Untuk foto yang lain memang elang brontok, yang warna hitam adalah brontok fase gelap seperti yang mas ahmad saini utarakan..Terimakasih..

  1. itu bkan elang hitam,,tpi emank elang brontok fase gelap,,,klo elang hitam d pangkal paruhnya kuning n klo elang hitam tubuhnya lbih kcil cma bulu sayap ma ekor nya yg sangat panjang mkanya dia terlihat sangat besar n elang hitam ada totol putih di ekornya sayap bagian dlam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s