Pembaca MEPOW Serahkan Kukang Untuk Di Rehabilitasi


Seekor kukang yang merupakan hewan dilindungi akhirnya dapat bernafas lega karena berada ditempat yang tepat karena jasa dari seorang pembaca MEPOW bernama Riza Adrian (37) yang kesehariannya bekerja sebagai Documentary Film Maker, Japanese Translator di Pertukangan Selatan, Jakarta Selatan. Adrian begitu biasa disapa menyerahkan seekor kukang kepada IAR (International Animal Rescue) untuk direhabilitasi dan di lepas-liarkan kembali ke alam.

“Kukang itu sebenarnya ditemukan pagi-pagi oleh Mpok Ayik (Tetangga yang sering membantu pekerjaan Ibu di rumah). Mpok Ayik secara tak sengaja menemukan saat  Kukang tersebut sedang berada di pohon pisang halaman rumah, saat akan mengambil dan memotong daun pisang untuk kebutuhan memasak. Kejadian tersebut terjadi pada  7 Januari 2010 “, Adrian bercerita.

Pada awalnya, Mpok Ayik sangat senang karena berhasil menangkap binatang yang lucu tersebut dan bermaksud memeliharanya. Karena Adrian pernah mendengar sebelumnya bahwa Kukang termasuk binatang langka dan di luar negeri memiliki harga jual yang tinggi sebagai bahan obat-obatan, dia berpikir tak ada salahnya memeliharanya  selama dirawat dengan baik. Kukang kemudian dititipkan di Kandang burung, yang saat itu berisi tiga ekor burung parkit.  Keesokan harinya, ditemukan burung-burung tersebut mati. Karena kejadian tersebut Adrian bermaksud mencari tahu melalui internet mengenai habitat dan makanan kukang agar tidak mati akibat dipelihara.

Setelah berdiskusi dengan Istri dan membaca berbagai referensi Kukang, apa yang dialami Kukang demi memenuhi hasrat orang-orang yang ingin memeliharanya (taring dipotong, dipaksa bermain di waktu siang padahal siang hari adalah jam tidurnya), Adrian akhirnya memutuskan untuk tidak memeliharanya. Akibat lingkungan yang tidak sesuai dengan kondisi di tempat hidup aslinya inilah kemungkinan Kukang ini tidak akan bertahan hidup sangat besar.

“Melalui info di internet dan salah satunya adalah Blog Mepow inilah saya menemukan Kukang tersebut bisa dijemput untuk direhabilitasi dan dilepas kembali ke alam”, Adrian bercerita.

Akhirnya, Adrian sekeluarga berdiskusi dengan Mpok Ayik, sebaiknya kukang dikembalikan ke alam melalui lembaga pelindung satwa atau dititipkan ke kebun binatang karena selain merupakan binatang langka yang dilindungi, liurnya memiliki virus,  dan sepanjang siang hari binatang ini tidur terus selama 12 jam. Kukang bukanlah hewan peliharaan walaupun bentuknya sangat lucu. “Mpok Ayik menyetujui hal tsb, dan menyerahkan pengurusannnya kepada saya”,  Adrian menceritakan peristiwa penyerahan kukang.

Setelah kukang tersebut diserahkan kepada Adrian, dia menghubungi MEPOW yang kemudian bekerjasama untuk menyerahkan kukang kepada lembaga perlindungan satwa. MEPOW kemudian memfasilitasi Adrian dengan menghubungkan dengan salah satu lembaga perlindungan satwa yaitu IAR (International Animal Rescue).

International Animal Rescue (IAR) Indonesia merupakan organisasi non pemerintah yang bergerak di bidang penyelamatan dan rehabilitasi satwa yang salah satu tujuan utamanya adalah mengembalikan satwa ke habitat alaminya.

Koordinasi MEPOW bersama IAR berjalan selama kurang lebih lima hari yang kemudian disepakati kukang akan diambil dari rumah Adrian tanggal 16 Januari 2010 untuk direhabilitasi di IAR.

“Kami dihubungi oleh  Mbak Tina dari International Animal Resque melalui telepon. lalu disepakati tgl. pengambilan, yaitu tgl. 16 Januari” Adrian bercerita.

Pada tanggal 16 Januari kukang diambil  oleh tiga petugas IAR. Pada saat pengambilan dilakukan identifikasi jenis kukang yang diketahui bahwa Kukang ini merupakan jenis Nycticebus coucang yang tersebar di Semenanjung Malaya, Sumatera dan Kalimantan serta kepulauan sekitarnya. Taringnya sudah dipotong secara paksa sehingga ada kemungkinan kukang merupakan kukang yang dilepas secara sengaja atau terlepas dari kandang peliharaannya.

“Terima kasih atas bantuan dan asistensi MEPOW sehingga Kukang ini bisa diurus oleh International Aimal Resque”, tutup Adrian.

Sungguh peristiwa yang sangat langka ditengah tidak adanya kepedulian pemerintah dan sebagian besar masyarakat terhadap perlindungan satwa, masih ada segelintir masyarakat yang peduli dan mau berusaha menjaga makhluk ciptaan Tuhan ini agar tetap lestari dan hidup ditempat yang semestinya di alam bebas.

Siapa Adrian Adrian berikutnya???

110 thoughts on “Pembaca MEPOW Serahkan Kukang Untuk Di Rehabilitasi”

  1. andaikan semua orang mau peduli,, pasti alam kita akan lestari… terimakasih mas adrian anda menjadi contoh yang sangat baik buat kami.

    salam lestari.

  2. Sama-sama, mas Ma’ruf juga. Semoga ada banyak Kukang2 lain yang terselamatkan ya, sehingga negeri ini tetap kaya akan flora dan fauna-nya, dan alam tetap seimbang dengan keaneragaman hayati yang ada.

  3. akhirnya… terimakasih sudah menyelamatkan nasib si kecil kukang…

    di Bandung Indah Plaza Bandung udah mulai marak lagi penjualan Kukang. Kapan nih pihak berwajib bakal merazia?

    1. saya juga baru membeli binatang tsb hari minggu di BIP… hanya saja sewaktu saya membeli saya tidak tau klo binatang tsb dilindungin… setelah saya pulang kerumah, saya search di google.. dan ternyata binatang tsb selain dilindungi ternyata berbahaya.. saya ingin mengembalikan binatang tsb hari ini.. saya sudah menelp ke IAR
      hanya saja saya takut saya mendapatkan masalah krn saya membeli binatang tsb..
      mohon masukan tmn2

      1. Telpon ajah IAR nya veo tidak apa2, mereka pasti seneng banget, tidak akan ada masalahjustru veo bisa jadi teladan buat yang lain agar sadar kembali untuk melestarikan alam. Kalo tanggapan dari IAR nya kurang hubungi aku ya, nanti ku bantu koordinasikan… Kutunggu kabar2nya

        1. mepow sya mnta tolong donk,,, jemput kukang saya d pekanbaru,riau,,sepasang kukang yg betina nya sedng hamil,, sya ngk tau menangani nya,, ksihan pla saya lihat mreka pa lg yg betina,,, saya sdah telpon ke IAR tp blm ditanggapinya… tolongin jemput ya,,, email adi.saputra.elektro@gmail.com, hub: 085278188538 adi..cpt d tnggpi ya MEPOW thank

  4. kaka adrian,,aku punya kukang yang aku temuin tepatnya tanggal 5februari 2010….tolong bantuin cara kalau mau di rehabilitasi…tapi maaf ku ga tau pasi itu kukang atau bukan…tolong reply secepatnya.takut keburu mati..khan kasian…

  5. Hi, ur blog is really interesting, while reading it I truly like & enjoy it . I just wanna suggest that u should go for blog advertising & marketing there is a website which is offering very unique features at affordable prices there are expert advertising team who will promote ur blog & affiliate ads through all over the networks. Finally I have bookmarked ur blog & also shared to my friends. i think my friend might too like it hope u have a wonderful day & !!happy blogging!!.

  6. wuuiihh, salut bgt .. kalo gw nemuin kukang dirumah.. ga tau d bisa ‘kuat’ buat ngelepasin tuh kukang or ngga :p

    soalnya gw sukaaaaaaa bgt ma negh hewan.. pgn melihara lagi ney.. tapi bhub tmasuk binatang langka ga jd d..

    good $ u ‘bro..🙂

  7. aku izin share yah di facebook aku.. ada adik kelas aku yang pelihara kuskus dan dibawa ke kampus.aku jengkel dan bingung harus ngapain..:( .. aku sudah email WWF,profauna,dan JAAN untuk meminta advice penindaklanjutan.. dari MEPOW ada advice gak buat aku? apa yang harus saya lakukan? karena adik kelas aku itu gak mau ngasihtahu siapa yang punya itu kuskus..tapi yang pasti ada di kampus aku dan katanya banyak yang punya.. Makin sedih.. 😦

    1. Wah, harus jelas dulu nih apa jenis satwa-nya. Yg jelas kuskus dengan kukang itu beda jauh tapi sama-sama ga boleh dipelihara. Sebaiknya satwa itu segera diserahkan ke BKSDA (Balai Konservasi Sumberdaya Alam) DKI Jakarta. Kalau aturan hukumnya sih si pemelihara juga bisa kena hukuman penjara tuh. Makanya segera kasih tau temenmu tentang konsekuensinya deh. Kalau temenmu berniat menyenerahkan ke BKSDA DKI, kontak aja no:

  8. bagi yg tahu no telepon tempat penangkaran dan penyelamatan kukang saya mohon agar menghubungi saya di 081999090741 karena waktu itu saya kedatangan teman dari bali yg hendka jalan jalan di jakarta pas di pasar burung jatinegara teman saya itu membeli kukang seharga 150 ribu ,karena alasan hewan langka akhirnya teman saya menitipkan nya di tempat saya dna saya bingung mau kembalikan ke habitatnya kemana ,dengan demikian saya harap pihak yg peduli terhadap hewan ini harap hubungi saya karena saya ingin mengembalikan ke habitatnya di alam terima kasih from andi bekasi

    1. mas andi kalu memang ingin mengembalikan satwa ke alamliar lagi bisa menghubungi BKSDA (Balai Konservasi Sumberdaya Alam), atau ke lembaga penyelamat satwa seperti PPS(Pusat Penyelamatan Satwa), IAR (International Animal Rescue, WCS (Wildlife Conservation Society), dan masih banyak lagi. lembaga2 ini saya kia akan senang hati bekerjasama dengan anda karena mereka juga punya program peepas-liaran untuk satwa2 terutama yang dilindungi. Kalu memang berniat saya akan membantu menghubungkan mas andi dengan kawan2 di lembaga2 tersebut.

  9. Shifa

    Kalau sekarang kukangnya masih ada silahkan hubungi 0251-8389232 di International Animal Rescue Indonesia. lokasi pusat rehabilitasinya ada di Ciapus arah Curug Nangka. Kalau shira tinggal di cibinong berarti tidak jauh dari bogor.

  10. kalo mo nyelamatin binatang langka knp nggak ke daerah Mester Jakarta Timur…saya lihat beberapa hewan langka disanan dijual bebas…dan itupun sudah berjalan bertahun-tahun kayaknya nggak ada yang nindak nggak mau tahu apa aparatnya dah pada di sogok

  11. Assalamu’alaikum, saya baru saja beli kukang, dan saya berniat cari cara merawat kukang di internet, dan saya membaca blog ini, saya jadi ingin mengembalikannya, saya tinggal di daerah bandung, tolong dihubungi saja email atau messenger saya bagi siapa yang tahu caranya mengembalikan kukang ini. Terima kasih.

  12. Saya tadi mlm jumpa sama kukang, merah trus pas saya mau tangkap tanggan saya di gigit , bahaya ngak, sekarang kukangya ada sama saya,, saya bigung kukangya mau di kemanakan, saya mintak tolong kukangya di jemput, saya tinggal di pekanbaru, riau atau saya mau antar kemana kukanya

    1. Bang Ardison,..

      Tempat saya bekerja memang khusus melakukan rehabilitasi Kukang yang kemudian untuk dilepasliarkan. Kebetulan lokasi bang Ardison sangat jauh dan tidak mungkin kami unt menjemput kesana. Saran saya adalah, Cari lokasi hutan dan lepas saja. Kalau menurut cerita bang ardison itu kukang masih liar dan akan lebih bagus dilepasliarkan kembali.
      Kalau masuk ke tempat rehabilitasi nanti prosesnya akan jadi lama karena sudah masuk ke Administrasi Negara dan proses untuk lepasinya nanti jadi lama.
      kukang bisa hidup di hutan-hutan bawah kok seperti htan bambu, dan perkebunan.

      1. saya Prista, saya menemukan kukang kecil dekat rumah saya dan keadaannya sekarang sangat memperhatinkan, kaki dan tangannya mengalami luka yg lumayan serius, saya ingin sekali menserahkan kukang tersebut disana agar mendapatkan perawatan yg lebih baik lagi,.saya mohon agar mas mau membantu saya, dan saya juga tidak tau harus bagaimana untuk menjaga kukang tersebut,

        kalo bisa secepatnya, karena saya tidak tahu bagaiaman keadaan kukang itu ke esokan harinya..mendesak banget nih…tolong dong segera memberikan tanggapan, saya minta no telepon yg bisa di hubungi..di mohon sekali pertolongannya

        terimakasih

    1. Salam kenal endang,
      Jika ada kejadian tersebut Anda dapat melapor ke BKSDA (Balai Konservasi Sumberdaya Alam) di wilayah anda, atau anda dapat menghubungi LSM yang bergertak di bidang pelestarian satwa, contohnya IAR (International Animal Rescue), WCS (wildLife concervation Society), dan lain sebagainya.
      Kalau boleh tau posisi ada dimana endang?

  13. salam sejahtera saya buat semuanya,,,,,,,

    mohon bantuannya….

    minggu kemarin saya kena gigitan kukang di jari tangan saya, dan semalam jari tangan saya itu menjadi bengkak mirip luka bakar rasanya perih, gatal dan agak sedikit panas…

    apakah reaksi tersebut hal yang biasa dialami si penderita gigitan??
    apakah diperlukan obat khusus untuk penyembuhan tangan saya??

    terimakasih sebelumnya….
    dan mohon bantuannya…

    1. infeksi tu mas….
      bawa ke dokter ajah sebelum lebih parah…untuk selanjutnya mungkin ga usah pelihara kukang, apalagi tu hewan dilindungi.

  14. ya ternyata infeksi sedikit,, sekarang udah baikan…
    oia,, saya ga pelihara.. kukang itu saya temukan di jalanan dan sudah saya kembaliakn ke habitatnya……..

    1. Kukan adalah satwa dilindungi berdasakan undang-undang no.5 tahun 1990. Sejak ditetapkanya undang-undang tersebut semua satwa yang dilindungi tidak boleh dipelihara oleh masyarakat umum. Kecuali pihak yang berwwnang dalam hal ini adalah Departemen Kehutanan Melalui Balai Konservasi Sumber daya Alam menitipkan ke pemelihara dengan meberikan surat penitipan sementara yang sewaktu-waktu dapat di ambil apabila negara membtuhkan dan Pemelihara terikat dengan undang-undang yang berlaku.

      Saran saya lebih baik satwa tersebut diserahkan ke lembaga mitra Departemen Kehutanan yang dalam hal ini menangani kukang dan satwa liar dilindungi lainya.
      Kalau lokasi bu anggita berada di jakarta, bandung dan sekitarnya dari kantor saya bisa jemput kerumah.
      bisa email ke saya : asman@internationalanimalrescue.org

  15. Salam

    Saya tadi malam ketemu kukang yang nyasar ke rumah saya, kayaknya sih punya tetangga yg kabur. Kondisi si kukang kurus taring dan kukunya udah di potong.

    Melihat kukang tersebut saya jadi kasihan, kok ada manusia yg tega memisahkan hewan secantik kukang di pisahkan dari habitat asli tempat hidup mereka yang nyaman yang udah jelas mereka hidup di alam bebas.

    Saya tak punya niat sama sekali kembalikan kukang tersebut kepada pemeriharanya dan saya bermaksud melepasnya kembali ke alam bebas, tapi saya tak tahu habitat asli tempat hidup kukang.
    untung saya ketemu dengan blog MEPOW ini dan saya mau serahkan kukang tersebut.

    Salam salut buat anda sekalian yang punya kepedulian terhadap kelestarian linkungan dan satwa, maju terus kawan2 !!!

  16. saya Prista, saya menemukan kukang kecil dekat rumah saya dan keadaannya sekarang sangat memperhatinkan, kaki dan tangannya mengalami luka yg lumayan serius, saya ingin sekali menserahkan kukang tersebut disana agar mendapatkan perawatan yg lebih baik lagi,.saya mohon agar mas mau membantu saya, dan saya juga tidak tau harus bagaimana untuk menjaga kukang tersebut,

    kalo bisa secepatnya, karena saya tidak tahu bagaiaman keadaan kukang itu ke esokan harinya..

    terimakasih

  17. mepow

    sya kmrin beli kukang, sblm nya sya ga tau klo kukang trmsuk hwan yg langka n dlindungi,, stlh mmbli kukang tsb, sya bru tau klo kukang adalah hewan yg dilindungi & terancam punah, nah setelah tau itu semua saya berniat menyerahkan kukang tersebut ke IAR, sya baca di internet katanya IAR tmpat rhbilitsi hewan yang nantinya akan dikembalikan ke alam liar habitat aslinya…. tpi sya gag tau cara menghubungi…. tolong kpda mepow untuk membantu saya… saya gag mau kukang semakin langka…. please tlg saya mepow…. thx sblumnya..

  18. Tolong diberitau apakah ada tempat terdekat dijakarta untuk tempat seperti mepow. Rasanya jauh bgt mau ke bogor.

    Saya nemu kukang malem ini. Makin ga tega ngeliatnya. Btw tolong emailin balik ya. Alamat2 yg bisa dihubungi dijakarta. Thx mepow

    Gw bener2 aneh deh.. Apa yg lucu dan menarik sih pelihara hewan yg seharusnya ga dipelihara. Kaya kukang, elang jawa, atau apa lah..

  19. aduhh mas setelah saya baca” artikel tntang kukang saya jd mrasa brsalah nih uda beli ini kukang,kasian bgt dia ..
    tolong bantu saya dong mas buat ngasiin ini kukang,ke BKSDA atau ke IAR cabang bandung ..
    atau saya minta no telepon dan alamat
    BKSDA atau IAR cabang bandung ..

    trims,,
    mohon infonya mas ..

  20. Tepatnya malam ini tanggal 8 April 2011 jam 20.oo WIB. saya menemukan Hewan kukang yang masuk ke dalam pagar rumah saya di Jl. Padat Karya RT II No.12 Kel. Tanah Periuk Kec.Lubuklinggau Selatan II Kota Lubuklinggau (Sumsel)
    Saya bingung setelah saya membuka blog ini rupanya hewan kukang tersebut adalah hewan yang dilindungi, mohon kepada petugas BKSDA (Badan Konservasi Sumber Daya Alam) untuk mengkondisikan hewan kukang tersebut, dapat menghubungi HP saya 085267739436 atau email broman_73@yahoo.co.id

    1. Apabila dalam waktu dekat ini tidak ada petugas BKSDA yang datang, berarti saya harus melepaskan Kukang tersebut ke hutan, tapi yang menjadi pikiran saya apakah hutan tempat saya lepaskan itu cocok untuk hunian/habitat kukang, khawatirnya malah jadi terlunta-lunta dihutan. (seperti orang hilang dikota besar)

  21. Aq punya kukang berjenis kelamin perempuan namanya Lolo dan DIA MEMPUNYAI ANAK aq kasih nama Momo,skrg ibunya Momo si Lolo lagi sakit,udah 3 hari yang lalu,Lolo gak mau makan dan minum meskipun sudah aq suapin,keadaannya makin melemah dan gak mau bergerak,
    Aq kasian ngeliatnya,apalagi anaknya masih menyusui,
    Aq dah tlp pihak IAR tapi blm ada balasannya,
    Tolong bantu Kukangqu dan anaknya..
    hubungi nmr 085694522077 / 021-94030178,
    Aq gak mau terjadi hal2 yang buruk sama Lolo.

  22. setelah saya baca artikel dan percakapan,saya juga ingin kukang yang saya miliki dapat hidup di habitat sebenarnya. tapi masalahnya,saya harus menghubungi siapa untuk menyerahkannya??terima kasih,..

  23. saya sudah telepon IAR berkali-kali, diangkat tapi tidak berbicara sama sekali. Saya mau serahkan kukang saya, bisakah kalau saya ke sana, sekarang??? mohon dibalas.

  24. saya punya kukang namanya robbin,saya beli dari kecil di pasar burung..skrg robin udh gde,,umurnya sdh 2th.saya kasihan sama dy,,krn kndangnya kcl..saya mau serahin aja d ke IAR,,saya mnt alamtnya yg dibogor dunk..saya tnggal dijnanti saya akn kesana secepatnya.tlg rep ke email saya yah..thx

  25. saya punya kukang,,namanya robbin umur 2 th.wkt tu saya beli robin wkt umur 2bln.skrg dy udh gede..saya mw sumbangin ja d robbin ke IAR,,saya mnt almtnya dunk yg dibogor..scptnya sy akn ksana.tlg rep ke email saya yah..thx

  26. ana punya kukang pengasih kawan,ana mau tanya virus apa yg disebarkan oleh kukang ?? seberapa besar bahayanya ?? dan gmn cara menghilangkan atau meminimalisir virus dari kukang tsb..trima kasih

  27. waduh sy br baca keterangn ttg kukang stlh sy beli krna penasaran gmn cr merwtnya,ternya binatng yg dilindungi ya…sy di cirebon gmn nich klo sy mo kembalikan ke alamnya melaui lembaga yg mengrti..trus kukangnya sempt gigit jari anak su mmp brdarah apa resikonya dan pengobatannya?

  28. mas,sy br beli kukang krn ank saya yg minta buat hadiah ultah.br tahu kalo ia dilindungi.tlg ambil kukang saya lg buat diselamatkan dong,kasihan dia kyknya stress bgt.sy jg khawatir efek air liur atau gigitannya ga baik buat anak2 sy.hub sy di 0818982909.

  29. Digigit kukang yg masi sempurna,nyasar ke pagar yg trbuat dari jaring,huh,pengen ngelepasin,tpi kasian ntar ntah knapa2…

  30. permisi~ saya juga baru beli hewan ini~ dan saya sangat merasa kasihan sama nih hewan, apalagi pas baca blog2 diinternet kalo hewan ini mau punah, gimana cara saya mau nangkariinnya nih??? daerah saya di jak-sel mas… sama kaya mas yg diatas sana🙂 makasih

  31. Mas Abdul Hadi, sudah konfirmasi dengan pihak IAR ?, saya sudah, menurut pihak mereka ..kandang sedang dalam kondisi penuh , bahkan saya juga sudah mengirimkan foto dari gigi kukang seperti yang di minta , memang baru beberapa hari sih
    Cuma khawatir aja kalau kelamaan trus ga bisa merawatnya bisa bisa wasallam deh nih kukang …kasihan kan …..

  32. guys
    w py kukang yg w bli skitar bbrp bln lalu..krn w liat tuh hewan lucu bgt!!
    tp stlh w bca artikel ttg kukang,w jd g tega bwt memelihara lbh lm lg. cm w bingung mw ngsih k siapa coz w tkut klo w ksh ke sembarang org mlh brakibat buruk bwt kukang w..
    wlwpun w msh blm tega bwt nyrahin kukang w,tp w ikhls klo emg tu bwt kbaikn dy
    so klo ad yg bs ksh w solusi lbh lnjut sms w k nmr ni 083892737522
    posisi w djkrta sltn ….pliiiss bgt.w butuh saran!!

  33. masih diperjual belikan didaerah jatinegara itu karna ada “wani piro-nya” ke pejabat sekita …makanya kukang masih bebas dijual belikan disana…kasihan negara seperti ini…. I LOVE INDONESIA, I LOVE KUKANG….

  34. Aku juga punya kukang nii mas . Dan aku mau serahin jja ke rehab biar bisa dibebasin lg ke alam bebas dia . Gimana cara nya mas ?😦😦😦😦

  35. Saya punya kukang . Baru saya beli ,sebelum nya saya juga gk tau klw kukang itu hwan yg dilindungi . Kata pedagang nya kmren mreka dapet ternak makanya mreka jualin .
    Saya mau titipin ke panti rehab gimana cara nya ? Biar dia bisa dkembalikan lg ke habitat asal nya , krna saya juga kasihan liat nya . Mohon bantuannya . Terima kasih ..

  36. Saya mau mengembalikan kukang saya ke habitat aslinya. Kalau ada yang tau caranya atau tahu nomor tlp yang mengurusi kukang. Mohon hubungi saya 081911032297

  37. Saya baru nangkep kukang nih, kayanya sih punya tetangga terus lepas.. Pengen dipiara tapi kasian.. Tolong infonya ya, Saya pengen nih Kukang ada ditangan yang bener dan direhabilitasi.. Hubungi Saya di 082149273630 atau email : sahlu.rizki@yahoo.co.id

    1. Terimakasih sudah ikut melestarikan satwa dilindungi dan terancam punah ini. Mohon bersabar yaaa, saya sedang koordinasikan nanti akan dihubungi.

      Salam lestari

      1. MEPOW, sudah coba kontak Little Fireface Project? Mereka juga berhubungan dengan IAR melalui program konservasi kukang. Sepertinya mereka juga mengadakan program rehabilitasi mengembalikan kukang ke habitat alaminya. Coba lihat di websitenya: http://www.nocturama.org. Websitenya dalam bahasa Inggris karena Little Fireface Project diprakarsai oleh professor Inggris Dr. Anna Nekaris. Saya akan kirim message melalui facebook account mereka untuk menghubungi MEPOW.

      2. IAR SELALU SUSAH DIHUBUNGI, KLOPUN BISA DIHUBHGI JAWABANNYA SLALU KANDANG DLM KEADAANNPENUH!!!!!!!!

        KLO MEMANG NIAT, IAR LEMBAGA RESMI BISA KERJA SAMA DGN BKSDA / POLISI HUTAN RAZIA PASAR2 YG TERSEBAR DI JAKARTA YG SUDAH PASTI NYIMPEN BNYAK BGT KUKANG. DI BARITO, JATINEGARA, PASAR PRAMUKA GAMPAAANG BGT BUAT DAPETIN KUKANG. SO… JGN NGOMONG DOANG MINTA ORANG SERAHIN KUKANGNYA!!!!

  38. tolong bantuan secepatnya, setelah baca semua artikel dan post ini saya dengan sepenuh hati ingin memberikan kukang yg tadi baru saja saya beli ke lembaga IAR, tolong bantuan secepatnya

  39. mass saya jga nemu kukangg nii satuu v gtw mstii digimanaiinn .. mu saya kandanginn tkt ngiigiitt jd saya liarin ajh di halaman rumah..!! mu dikasii mknn gtw makannya apann !!!

  40. kaka, saya baru beli kukang, saya gak tau kalo kukang dilindungin. saya baru beli 250RB. kalo saya berikan ke IAR, kembali gak yaa uang saya, maklum pelajar jadi gak mau rugi hehehe🙂

  41. kaka, saya baru beli kukang, saya gak tau kalo kukang dilindungin. saya baru beli 250RB. kalo saya berikan ke IAR, kembali gak yaa uang saya, maklum pelajar jadi gak mau rugi hehehe🙂

    di tunggu kabarnya yaa kaka di 081314553255

  42. ayah saya baru beli kukang untuk adik saya td siang,,di kasih makan pisang tp ga di makan..
    saya mau kembalikan ke IAR biar kukang saya ga mati..
    dan saya juga baru tau klo kukang di lindungi,saya tau karena saya lg search tentang makanan kukang..
    klo IAR mau ambil kukang saya,,silahkan hubungi no saya di 0857 1094 1674
    tolong di ambil secepatnya,,karena dari td siang kukang saya ga mau makan..

  43. Assalamu’alaikum
    Cuma ingin tau informasi tempat penangkaran hewan yg dilindungi untuk daerah bekasi ada tidak ya?
    Sebenarnya saya sudah pelihara 4 bulan kukang ini, tp ketika membaca blog tentang kukang ini.. Saya ingin melepaskan ke habitat aslinya, dan kebetulan kukang sedang tidak fit dan saya bingung harus bagaimana.. Mohon bantuan nya
    Bisa email saya di dark_kane50@yahoo.co.id

  44. saya yuda. saya sedang kuliah didaerah bandung. beberapa hari yang lalu saya dapet kiriman seekor kukang dari teman saya di jakarta. dari awal kukang itu datang ia jarang makan. setelah saya cari tau tentang artikel kukang ternyata kukang dilindungi. saya ingin mengasihkan kukang tersebut ke penangkaran. tolong kasih tau dimana penangkaran kukang di daerah bandung. saya gak mau kukang punah. tolong informasinya. hub ke no saya 087825333052. terimakasih. mari lestarikan hewan langka tersebut.

  45. Aq pernah nggehubungin IAR,punya kukang udh beranak pinak..memelihara sambil melestarikan,skrg anaknya ɑϑa yg mau dikasih tempat rehabilitasi IAR,tp ktnya kandangnya malah penuh,ktnya disuruh nunggu dikonfirmasi lg tp smpe skrg ga ɑϑǟ kbrnya,trs ktnya bs share info ttg pemeliharaan kukang,tp aq email buat shared jg malah dicuekin..T_T mknya skrg aq lg nyari komunitas kukang dijakarta ɑϑǟ ga yah? Ɑϑǟ yg tau? Mohon infonya..thanks y..

  46. Saya kemarin beli kukang, tidak tau kalau itu termqsuk satwa yang dilindungi.. Saya mau menyerahkan kukang ke IAR, saya coba menghubungi tidak ada jawaban.. Mohon penjelasanya bagaimna cara menghubungi IAR posisi saya di bandung.. Terimakasih. Cp: 081912308910

  47. Malam ini saya menemukan kukang di halaman rumah saya tpi saya bingung harus menghubungi siapa,tolang bantuanya gan..
    Tolong hubungi saya di no ini: 083876030208

  48. Saya mau serahin kukang saya agar bisa hidup di alam liar lg,karna saya ngerasa dia juga berhak hidup di habitatnya
    Tapi saya gak tau harus ngehubungin siapa, bisa bantu?

  49. Saya mau serahin kukang saya agar bisa hidup di alam liar lg,karna saya ngerasa dia juga berhak hidup di habitatnya
    Tapi saya gak tau harus ngehubungin siapa, bisa bantu?
    Tlg hub 082324719476

  50. Dear mepow…..
    Saya berniat mengembalikan kukang saya ke habitatnya
    Mohon info saya harus kemana Terimakasih

  51. min saya juga mau balikin kukang kemaren ketemu di atas pohon,saya ambil,sampai sekarang kukangnya takut sama saya(mungkin karena stress kali ya),saya juga mau ngelepasinnya tapi gimana caranya ?

  52. admin..
    gimna menghilangkan stress pada kukang….
    sebelum di lepas ke habitat alaminya..
    takutnya mati kukangnya,,?

  53. saya pun mempunya cerita yang sama yaitu menemukan kukang di dpan rumah saya.. dan saya ingin memberikan ke IAR karena kasihan saya kurang mengerti meihat wajahnya yang lucu.. kalo mati ga tega saya.. tapi kendalanya saya belum menemukan contact center IAR yang resmi ya

    adakah yang bisa membantu sata??

  54. saya punya kukang yg baru dibeli dari orang yang lewat di depan rumah, karena ibu kasihan melihat nya jadi dibeli, saya ingin serahkan untuk direhabilitasi tapi saya gak tau caranya mohon bantuannya hubungi saya di no 081212918361 di tunggu

  55. saya juga menemukan kukang di pohon belakang rumah saya tgl 16 juni 2013, ada kemungkinan kukang tersebut peliharaan seseorang dan lepas dari kandangnya. karena tidak ada konfirmasi dari pemiliknya, saya ingin serahkan untuk rehabilitasi karena kukang tersebut rambutnya sudah ada yg rontok. saya takut kukang tersebut mati. mohon bantuannya harap hubungi saya 085710121318 terimakasih

  56. saya juga mau menyerahkan kukang k tempat rehabilitasi. 2 ekor, ibu dan anaknya..
    selama ini dirawat di rumah dah kelihatannya sehat, tapi untuk kebaikannya, saya ingin menyerahkannya k rehabilitasi..
    bisa tolong info kontaknya?
    tolong hubungi saya di 081802281602
    terima kasih banyak…

  57. salud buat orang2 yang dengan bijaksana menyerahkan KUKANG peliharaanya untuk di lepas lagi ke alam ato habitatnya…tapi sayang..pemburuan kukang untuk di pihara,ato hanya sekedar sebagai hobi berburu (tembak mati) masih ada. saya melihat salah satu kukang yang di buru (tembak) di sebuah grub FB

  58. Sy mempunyai sepasang kuskus….sy mempunyai inisiatif akan menyerahkan ke suatu tmpat penangkaran kuskus,tp sy bingung harus menghubungi siapa……semoga mepow bisa bantu saya……terima kasih

    1. Karena rumah aslinya adalah di alam liar, bukan dirumah. Akibat dari aktifitas para penghobi memelihara ini, sekarang kukang dialam liar terancam punah, makanya dilindungi undang2, dan bagi siapa saja yang memperjualbelikan dan memelihara satwa dilindungi termasuk kukang dapat dipidanakan.

      Salam lestari

  59. Bagaimana cara saya mnghubungi International Aimal Resque??

    Saya punya 2 jenis primata dirumah saya..
    Saya ingin memasukkannya kerehabilitasi

  60. Hi guys, bagi yg ingin menyerahkan kukang nya ke penangkaran/ rehabilitas satwa liar bisa hubungi website ini :
    http://www.nocturama.org/
    Mereka mempunyai program penyelamatan slowloris/ kukang . Saya sudah meng email mereka dan cepat sekali tanggapan mereka.. Maklum ini organisasi orang asing mungkin mereka lebih perduli dgn hewan so respons mereka bagus sekali.. Dan saya percayakan 3 kukang saya yg saya pelihara selama 2 thn ke mereka dan saya percaya kukang2 saya berapa di tangan yg tepat.. Oh ya mereka jg selalu meng up date info2 ttg kukang2 yg kita kasih ke mereka.. Mereka kirim photo2 dan report ttg pertumbuhan kukang kita atau aktivitas kukang kita so kita bisa melihat mereka walaupun secara tak langsung..
    Contak saja http://www.nocturama.org/ dan coba hubungi Miss Anna dia org asing so harus pake bhs Inggris ya..
    Thank you for save our Slowloris/kukang .. The world need more ppl like you guys ..
    God bless..

  61. Saya memiliki 2 ekor kukang, dan saya ingin menyerahkannya untuk direhabilitasi. Saya tidak tahu dimana tempat rehabilitasi hewan seperti kukang di Kalimantan Tengah. Mohon saran dan bantuannya.
    Terima kasih

Leave a Reply

