Terimakasih Kanopi Indonesia dan Mitra-Mitra nya


10344876_10152324277044565_2690476374240354757_nTidak terasa 10 tahun sudah bersama mengembangkan Kanopi Indonesia, dan setelah 2 kali masa jabatan saya sebagai direktur Kanopi Indonesia (2009-2012 dan 2013-2016), sebagai lembaga Kanopi Indonesia harus melanjutkan regenerasinya agar semakin maju dan terus berkembang. Untuk selanjutnya kanopi Indonesia akan dipimpin oleh anak muda yang sudah bersama saya membangun kanopi kurang lebih 4 tahun ini, sejak 2011 masih mahasiswa, Dek Rudi (Arif rudiyanto). Tentu saja dengan pengalamannya selama di Kanopi dan semangat muda serta kreatifitasnya, semoga Kanopi akan menjadi lebih maju lagi dalam mencapai visi, misi, dan tujannya.

cuzzTerimakasih tidak terkira saya sampaikan kepada Dewan Pendiri Yayasan Kanopi Indonesia yang telah memberikan kepercayaan kepada saya untuk berkarya dilembaga ini. Mas Adi Mustika, Mas Nugi (Dwi Nugroho Adhiasto), Mas Cahyo Rachmadi (Aock) , Mas Hari Nugroho, Mbak Evy Indraswati (Epoy), Mas Arianto Dwi Anggoro (Pilot), dan khususnya Mas Akbar dan Mas Agus Wijayanto yang selalu tanpa lelah mendampingi saya, memberikan ilmu, petunjuk, petuah, dan bantuannya kepada saya. Terimakasih mas dan mbak semua dan mohon maaf atas salah dan kekhilafan yang pernah saya lakukan. Semoga Tuhan selalu melimpahkan segala rahmatnya untuk mas dan mbak semua.

Tentu saja tidak lupa saya mengucapkan terimakasih kepada rekan-rekan yang pernah bersama membantu saya di Kanopi Indonesia, tentu saja saya sangat bangga pernah bekerjasama dengan orang-orang hebat seperti rekan-rekan. Mas Sidik Purnomo (cemet), Eko Setyawan (pak eko), Setyo yudanto (Yudan), Kunto, Dega, Rudiar Annisa (diar), bung Langgeng A.U. (gonteng), Laura, mbak Lilis, mas Yusup EA (Ucup), Ikhsani Surya Hidayat (Ikhsan), alm. Sapto, Agus Yulianto (keket), Rani, Uli, bung Gatot, Dian, Bung Rio Handzico (ndog), Bogel, Umi Latifah (umbay), bung Arso, Yayuk, bung Topan, mbak bro Ami Raini, Aji Mitra, Fajar, Jalu, Dilan, Anindita Bestari (Anin), Renny Indira (brindil), Roesma, Heri Siswanto (setir), Arif Rudiyanto (sarno), bung Irfan Rosyadi (grandong), Arman, Ujang, Widodo, dan tentunya yang 10 tahun sudah selalu bersama-sama membangun kanopi pakde  acil (Arif Nurmawan). Terimakasih rekan-rekan semua dan mohon maaf atas salah dan kekhilafan yang pernah saya lakukan. Semoga Tuhan selalu melimpahkan segala rahmatnya untuk rekan-rekan dan kerluarga dalam mengarungi hidup.

untitled-1
Klik Image for High Resolution

Juga rekan-rekan yang telah banyak memberikan masukan, suntikan semangat, dan membantu saya selama dikanopi: mbak Ninien, Ibu Dami, Mas Basuki Rahmad, Kang Edy Hendras, kang Yusron (Oni), Mbak Asti Tyas, Mbak Galuh Sekar Arum, Bang Mail, mas Daru, mas Okie, Tante Anita, Tante Tetty, mas Yudi, mas Gunawan mbek, paklik Wahyu Sigit, om Willy, Om budi Hermawan, Mas Oblo, Asman, mbakyu Titi Nugraheni (Tiwuk), rekan-rekan volunteer dimanapun rekan-rekan berada sekarang, dan seluruh rekan-rekan yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu.

untitled-3

Dalam masa saya memimpin kanopi, tentu banyak hal yang telah terlewati. Suka dan duka pernah dilewati semua. Berawal hanya dari 1 kursi dan 1 meja, dengan kegiatan yang  belum terencana dengan baik, belum punya pedoman dalam  menjalankan lembaga, sekarang kanopi telah berkembang menjadi lembaga yang lebih baik dan tertata. Dengan pondasi lembaga yang telah dibangun, semoga akan mempermudah kanopi dalam berkembang kedepan. Dengan semangat keluarga yang sudah terbangun, semoga akan membuat kanopi semakin kuat dalam menghadapi tantangan kedepan.

Untuk pengurus yang baru, kita semua tahu memang tidak mudah dalam menggapainya, dari tantangan membuat konsep program untuk masyarakat, mendampingi masyarakat, mengembangkan perencanaan lembaga, sampai dengan hal-hal berbau fitnahpun pernah kita alami. Tantangan-tantangan itu tentu saja akan selalu ada sebagai konsekuensi “semakin majunya lembaga, semakin kuat badai menerpa”. Namun dengan niat yang kuat, dengan kejujuran, dan kebersamaan pada akhirnya semua dapat kita lalui dengan baik.

“Teruslah bekerja dan berkarya dengan niat yang teguh dan penuh kebanggaan, karena bukan materi yang membuat kita bertahan dalam pekerjaan seperti ini, niat dan kebanggan untuk menjaga alam bagi kesejahteraan masyarakat dan lestarinya alam semestalah yang membuat kita berdiri dan berlari sampai saat ini”

Terimakasih untuk para mitra yang selama ini telah berkontribusi, bekerjasama, dan mensupport Yayasan Kanopi Indonesia sehingga dapat berkembang seperti saat ini.

Yayasan KEHATI, RARE, ESP-USAID, Wildlife Conservation Society, Wildlife Crime Unit, GEF-SGP, UNDP, International Animal Rescue, Perregrine Fund, Consevation Training and Resources Centre (CTRC), Operation Wallacea Trust, ASG (Amphibian Specialist Group), WWF-Kaltim, Mohamed bin Zayed Species Conservation Fund.

Keraton Yogyakarta, BLH Provinsi DIY, BLH Kabupaten Gunungkidul, PPLH reg. Jawa, Dinas Pariwisata Kab. Magelang, TNGM, BKSDA Yogyakarta, Pemda Kab. Sleman, Dinas Pendidikan, Kab. Sleman, BPTP propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, LIPI, RRI (Radio Republik Indonesia), Mongabay.

YAPEKA, Pilar Indonesia, Komunitas Mangrove Bengkulu, SAMPIRI, KESEMAT Mangrover, Biodiversity Society, Jurnal Celebes, Konsorsium IMBAU, Blue Carbon Consortium, Suaka Elang, Raptor Indonesia, Paguyuban Pengamat Burung Jogja, Jaringan Pendidikan Lingkungan (JPL), KOMPLEET, Rhizophora, Yayasan Pribumi Alam Lestari (YPAL), KP3 Herpetofauna Fakultas Kehutanan UGM, Yayasan Kutilang Indonesia, Sekber PPA DIY, MATALABIOGAMA, Kelompok Studi Satwa Liar, PPAGK, Wildlife Conservation Forum, Indonesian Drogonfly Society, HIJAU, Centre for Orangutan Protection (COP), Animal Friend Jogja (AFJ), Be Wildlife Photography (BWP), Indonesia Wildlife Photograpohy (IWP), Jogja Wildlife Photography (JAWY), Satwa Alam Bali (SAB).

Universitas Terbuka (LPPM), Fakultas Biologi UGM, Fakultas Ilmu Budaya/Anthropologi UGM, Institute Pertanian Bogor, PT. Pertamina TBBM Rewulu, PT. Pertamina Depot LPG Cilacap, PT. Pertamina TBBM Lomanis, Sheraton Hotel, The Rainforest Coffee.

 

Advertisements

One thought on “Terimakasih Kanopi Indonesia dan Mitra-Mitra nya”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s